Kisah Inspiratif Sahli, Jualan Rambak Keliling Solo Hingga Dini Hari

Sahli, pedagang rambak tua dari Solo (Instagram/thoryc.id)
07 Januari 2019 18:40 WIB Chelin Indra Sushmita Solo Share :

Solopos.com, SOLO – Usia senja tak menyurutkan semangat Sahli, 78, untuk bekerja. Pria tua itu sehari-hari berkeliling Kota Solo, Jawa Tengah, untuk menjajakkan kerupuk rambak dagangannya. Kisah menginspirasi tentang Sahli itu viral di media sosial berkat unggahan pemilik akun Instagram @thoryc.id.

Foto yang diunggah awal Desember 2018 itu mendapat beragam tanggapan dari warganet. Dalam unggahannya yang dibagikan ulang akun @jelajahsolo, Minggu (6/1/2019), Sahli diceritakan sering berjualan di depan Sriwedari. Kebetulan, pemilik akun @thoryc.id mengabadikan foto Sahli yang sedang duduk di pinggir jalan sambil menunggui dagangannya sekitar pukul 02.00 WIB.

Sahli digambarkan sebagai sosok yang tangguh. Nasihat yang disampaikan Sahli dianggap sangat bermakna. "Pak Sahli memang tangguh. Pun juga ketika beliau bicara, ada nasihat dan hafalan ayat Alquran terselip di dalamnya. Aku salut sama panjenengan pak. Sehat selalu. Semoga Allah masih mempertemukan kita," tulis @thoryc.id.

Warganet yang pernah bertemu dan membeli dagangan Sahli saling bertukar pengalaman lewat kolom komentar. Sama seperti pemilik akun @thoryc.id, mereka juga mengagumi semangat pantang menyerah dari Sahli.

"Kalau enggak salah pernah beli di mbak ini pas beliau di gerbang Pasar Legi. Beliau bersikukuh mau nyusuki, padahal aku sudah niat enggak usah. Sehat terus mbah," komentar @riza_faradilla.

"Penjual kerupuk favorit tiap pulang kerja. Dia biasanya kalau jam 19.00 WIB ngontel muter BI. Nanti jam 22.00 WIB di depan Sriwedari," terang @brenda_ika.

Menurut warganet, Sahli tinggal di kawasan, Cemani, Grogol, Sukoharjo. Sahli pernah masuk di acara TV, Pantang Ngemis. "Rumah bapaknya di Ngruki min. Dulu pernah masuk di acara TV, Pantang Ngemis," terang @mhiniejesse.

"Kadang ada tikar kecil gelaran di sampingnya gitu. Pernah beli pas masih banyak dan itu jam 02.00 WIB. Pas enggak ada kembalian minta maaf banget buat kasih kembaliannya pakai kerupuk lagi. Giliran kitanya minta itu buat bapaknya, duh agak nunduk pas ngucapin. Orang tua serenta ini, masih punya attitude yang luar biasa dan masih punya daya juang buat cari yang halal. Semoga bisa laris," imbuh @rina_kavindra.