Ini Alasan Pengusaha Solo Yakin Bisnis 2019 Lebih Baik

Gerbang Tol Colomadu di Ngasem, Colomadu, Karanganyar, Minggu (23/12/2018). (Solopos - Iskandar)
07 Januari 2019 16:00 WIB Bayu Jatmiko Adi Solo Share :

Solopos.com, SOLO - Tahun 2019 dinilai menjadi tahun yang akan membawa keberuntungan bagi pelaku bisnis. Pembangunan infrastruktur di Soloraya yang selesai dikerjakan di akhir tahun 2018 menjadi salah satu faktornya.

Pengusaha yang bergerak di bidang jasa advertising dengan nama Gage Design, Bambang Nugroho atau Bambang Gage, menilai pembangunan infrastruktur akan berdampak pada sektor bisnis di Soloraya. "Saya yakin akan menambah peningkatan ekonomi dan bisnis. Di sisi lain 2019 awal adalah tahun politik sehingga ada perputaran uang yang besar. Akan ada belanja besar di berbagai sektor," kata dia kepada Solopos.com, Jumat (4/1/2019).

Dia optimistis kinerja sektor bisnis 2019 akan lebih baik dibandingkan 2018. "Pada 2018 banyak pembangunan belum selesai. Saya rasa akan lebih baik ke depan. Sekarang pembangunan sudah selesai semua, terlebih infrasutruksur sebagai pondasi distribusi ekonomi," kata dia.

Hal senada disampaikan Gareng S. Haryanto, pengusaha yang juga Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Solo. Dia mengatakan 2019 memungkinkan bagi semua sektor bisnis untuk tumbuh baik sektor jasa maupun perdagangan. Namun dia berharap untuk perdagangan, jangan sampai ada fluktuasi harga barang yang signifikan. Kemudian di bidang perhotelan, dia optimistis akan berjalan bagus. Terlebih dengan aktivitas MICE di Solo yang kemungkinan akan terus berkembang.

Gareng juga menilai keberadaan tol akan membawa dampak tersendiri. "Ketika tol berjalan, pariwisata Solo akan bagus. Bayangkan saja jika Jakarta-Solo bisa ditempuh maksimal 7 jam, Surabaya-Solo hanya 3 jam, Semarang-Solo juga hanya 1 jam, akan menarik orang datang ke Solo," kata dia.

Dengan waktu tempuh yang lebih pendek dan biaya perjalanan yang lebih irit, ketika tiba di Solo diharapkan bisa meningkatkan daya beli. Terkait tahun politik, dia berharap akan berjalan lancar dan damai. Ketika tidak ada masalah, hal itu akan mendukung iklim bisnis lebih yang lebih baik.