Soloraya
Jumat, 29 Maret 2024 - 15:03 WIB

Jadi Objek Wisata Air Paling Ramai di Klaten, Umbul Pelem Siap Sambut Lebaran

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pengunjung menikmati wahana flying fox di Umbul Pelem Water Park, Desa Wunut, Kecamatan Tulung, Klaten. (Instagram @umbulpelemwaterpark)

Solopos.com, KLATENUmbul Pelem di Desa Wunut, Kecamatan Tulung, Klaten, sudah siap menyambut para pengunjung yang diperkirakan bakal memadati objek wisata air itu pada libur Lebaran 2024 nanti.

Sebagai informasi, Umbul Pelem menjadi objek wisata yang paling banyak dikunjungi pada Lebaran 2023 lalu dibandingkan umbul-umbul lain, termasuk Umbul Ponggok di Desa Ponggok, Polanharjo.

Advertisement

Berdasarkan data Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disbudporapar) Klaten, pada puncak kunjungan libur Lebaran 2023, Senin (24/4/2024), Umbul Pelem mencatatkan jumlah pengunjung sebanyak 6.850 orang.

Disusul Umbul Brondong (3.165 orang), Umbul Brintik (2.560 orang), Objek Mata Air Cokro (2.530 orang), Janti Park (2.109 orang). Kemudian, Umbul Manten (1.890 orang), Umbul Ponggok (1.760 orang), Umbul Sigedang-Kapilaler (1.200 orang).

Advertisement

Disusul Umbul Brondong (3.165 orang), Umbul Brintik (2.560 orang), Objek Mata Air Cokro (2.530 orang), Janti Park (2.109 orang). Kemudian, Umbul Manten (1.890 orang), Umbul Ponggok (1.760 orang), Umbul Sigedang-Kapilaler (1.200 orang).

Sedangkan sepanjang 2023, wisata air Umbul Pelem yang dikelola Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Sumber Kamulyan, Desa Wunut, Tulung, Klaten, itu mencatatkan jumlah total pengunjung sekitar 600.000 orang.

Umbul Pelem berada di tepi jalan raya Tegalgondo-Janti. Lokasinya berada di perbatasan Klaten-Boyolali dan menempati lahan kas desa hampir 9.000 meter persegi. Destinasi wisata itu berdekatan dengan kawasan pemancingan Janti.

Advertisement

Wahana Lengkap

Menyambut libur Lebaran 2024 ini, Umbul Pelem telah bersiap dengan berbagai wahana yang ada seperti kolam renang dewasa, kolam anak-anak, kolam anak balita, kolam pasir dan mandi busa, hingga waterboom.

Di kawasan itu juga dilengkapi flying fox melintang di atas wahana wisata air. Banyaknya pilihan wahana untuk orang dewasa hingga lansia dan anak-anak membuat Umbul Pelem cocok untuk wisata keluarga.

Berasal dari umbul, air yang mengalir di kolam hingga aneka wahana di kompleks tempat wisata tersebut menyegarkan. Tak sedikit pengunjung terutama mereka yang memiliki keluhan kesehatan berdatangan ke tempat tersebut untuk terapi.

Advertisement

Tempat wisata itu juga dilengkapi restoran yang menawarkan aneka menu terutama olahan ikan air tawar. Harga tiket Umbul Pelem murah meriah. Hanya Rp8.000 per orang untuk weekday atau hari kerja dan Rp10.000 per orang untuk weekend atau hari libur serta libur nasional.

Memiliki wahana komplet dan harga tiket terjangkau, Umbul Pelem menjadi lokasi pilihan liburan keluarga. Pengelola Umbul Pelem pun optimistis menyambut libur Lebaran tahun ini. Destinasi wisata itu bersolek menyambut wisatawan yang bakal berdatangan memanfaatkan libur Lebaran.

“Jam buka Umbul Pelem mulai pukul 05.00 WIB hingga 16.00 WIB. Saat hari H Lebaran kami tetap buka mulai pukul 09.00 WIB. Untuk tiket masuk tetap sama, tidak ada perubahan,” kata Kepala Desa (Kades) Wunut, Iwan Sulistiya Setiyawan, saat ditemui Solopos.com di kantor Desa Wunut, Kamis (28/3/2024).

Advertisement

Direktur Bumdes Sumber Kamulyan, Sariyanto, menjelaskan jumlah total pengunjung Umbul Pelem selama 2023 mencapai 600.000 orang. Mayoritas berasal dari wilayah Soloraya.

Sariyanto membeberkan sejumlah faktor yang dinilai membuat Umbul Pelem tetap ramai pengunjung. “Kualitas dijaga dan 3 S yakni salam, senyum, dan sapa,” kata Sariyanto.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif