Grande! Gagahnya Jembatan Tugu Keris Tirtonadi Solo

Jembatan Tugu Keris Tirtonadi (Instagram/dhikifeb_)
13 Januari 2019 10:00 WIB Chelin Indra Sushmita Solo Share :

Solopos.com, SOLO – Kota Solo, Jawa Tengah, memiliki ikon baru berupa Jembatan Tugu Keris. Bangunan ikonis tersebut berada di kawasan Tirtonadi. Jembatan Tirtonadi dengan sentuhan ikon tugu keris merupakan bagian dari penghormatan dan penghargaan kepada nenek moyang yang mewariskan budaya bangsa berupa keris.

Seperti diketahui, keris diakui UNESCO sebagai warisan budaya bangsa Indonesia. Guna melestarikan warisan budaya bangsa ini, di Kota Solo dibangun Museum Keris Nusantara yang bertujuan menguatkan keberadaan Solo sebagai kota budaya. Operasional Museum Keris menjadi sarana edukasi bagi pengunjung tentang keris, serta keberagaman tosan aji yang ada di Indonesia.

Keberadaan Tugu Keris berwarna keemasan di Jembatan Tirtonadi tersebut menjadi daya tarik pemuda Solo. Meski belum diresmikan, bangunan tersebut sudah menjadi salah satu spot foto untuk menghiasi media sosial. Wujud Tugu Keris tersebut viral berkat foto kiriman pemilik akun Instagram @dhikifeb_ yang dibagikan ulang @jelajahsolo, Jumat (12/1/2019).

"Solo punya ikon baru lur di Jembatan Tirtonadi yang berbentuk keris yang sangat ikonis dengan Solo kota budaya di sisi barat jembatan nantinya juga akan dibuat jembatan kaca dan tempat nongkrong baru buat keluarga. Makin beda nih di Solo dan memang pantas Solo di sebut kota ternyaman," tulis @jelajahsolo sebagai keterangan foto.

Sejumlah netizen merasa bangga melihat wujud Jembatan Tugu Keris tersebut. Namun, ada pula beberapa orang yang menilai bentuk Tugu Keris tersebut aneh. "Ini namanya patung tutup keris. Enggak ada gagangnya," komentar @adisilva21.

"Kerisnya pating klewer, hahaha," kelakar @djackystars.

"Kalau segede itu kok enggak kelihatan keris ya, hahaha," imbuh @habib_aah.

"Jadi kangen Solo. Besok kalau pas pulang mungkin aku bakal pangling banget. Enggak kenal kota sendiri," imbuh @rosiis.

"Jadi enggak sabar pulang kampung. Semoga enggak tambah macet aja," sambung @eny_veronika.