Solopos Hari Ini: Kandang Banteng Digoyang

Solopos 14 Januari 2019
14 Januari 2019 09:20 WIB Septina Arifiani Solo Share :

Solopos.com, SOLO – Kompetisi elektoral dalam Pilpres 2019 di Jawa Tengah (Jateng) kian ketat. Kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno aktif bergerak di Jateng yang selama ini dikenal dengan kandang banteng ini.

Tim capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno tidak hanya mendirikan Kantor Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi di Kota Solo. Mereka juga mengincar kantong-kantong suara milik capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi)-K.H. Ma’ruf Amin.

Berita menjelang pilpres 2019 menjadi headline Harian Umum Solopos, Senin (14/1/2019). Selain berita tersebut berikut beberapa kabar lainnya yang menjadi perhatian khusus:

KABAR BOHONG: Mengapa Orang Mudah Percaya Hoaks?

Hoaks yang menarik perhatian pada 2018 adalah kasus Ratna Sarumpaet yang mengaku dikeroyok sejumlah orang. Informasi itu menyebar cepat, dari kanal berita ke media sosial ke layanan perpesanan ke mulut satu ke yang lain secara terus-menerus. Beberapa hari kemudian Ratna mengaku berbohong. Informasi yang disampaikannya palsu.

Menurut dosen psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Berliana Widi Scarvanofi, kabar bohong mudah menyebar karena sifat dasar manusia yang mencari sesuatu berdasarkan preferensinya.

PENEGAKAN HUKUM: Polisi Olah TKP Penangkapan di Pasar Klithikan

Anggota Satreskrim Polresta Solo, menggelar olah tempat kejadian perkara (TKP) penangkapan 10 orang yang diduga menyerang polisi di kawasan Pasar Klithikan Notoharjo, Pasar Kliwon, Solo, Minggu (13/1/2019).

Baca selengkapnya di Epaper Solopos

Gudang pabrik printing kain dan garmen CV Ranotex di Dusun Nglarangan, Desa Kebak, Kecamatan Kebakkramat, Karanganyar, terbakar pada Minggu (13/1) pukul 13.30 WIB.

Tidak ada korban jiwa akibat kejadian itu. Nilai kerugian juga belum ditaksir. Akan tetapi kain dan mesin di dalam gudang ludes terbakar. Pantauan Espos di lokasi kejadian hingga pukul 15.40 WIB atau dua jam sejak kebakaran terjadi, api belum padam.

Berita kebakaran di CV Ranotex menjadi headline halaman Soloraya Solopos edisi Senin (14/1/2019). Selain kabar kebakaran, berikut ulasan singkat berita lainnya:

MUSEUM WAYANG: Perawatan Cara Sederhana tapi Hati-Hati

Menjaga dan merawat 400 lebih wayang bukan perkara mudah. Terlebih wayang-wayang itu berusia 100-300 tahun jelas membutuhkan perlakuan khusus. Wayang berusia tua itu misalnya Wayang Pengruwatan koleksi dalang Ki Warsino Guno Sukasno dari Baturetno tahun 1716.

KONDISI BANGUNAN: Puncak Menara Masjid Al Aqsha Klaten Miring

Puncak menara Masjid Agung Al Aqsha Klaten miring dalam beberapa hari terakhir. Miringnya puncak menara terbuat dari kuningan itu menjadi sorotan warga karena baru terpasang sekitar dua hingga tiga bulan terakhir.

Baca selengkapnya di Epaper Solopos