Ibunda Jokowi Blusukan Sapa Bakul Sega Liwet di Sukoharjo

Ibunda Jokowi, Sudjiatmi Notomiharjo, berdialog bersama komunitas bakul sega liwet di Desa Duwet, Baki, Sukoharjo, Selasa (15/1/2019). (Solopos - Indah Septiyaning w.)
15 Januari 2019 15:15 WIB Indah Septiyaning Wardhani Sukoharjo Share :

Solopos.com, SUKOHARJO -- Ibunda Presiden Joko Widodo (Jokowi), Sudjiatmi Notomiharjo, blusukan di Duwet, Kecamatan Baki, Sukoharjo, Selasa (15/1/2019). Sudjiatmi bersama sukarelawan Priyayi Solo Pro Jokowi (PSPJ) Soloraya menyapa komunitas bakul sega liwet di kampung tersebut.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, Sudjiatmi datang sekitar pukul 12.00 WIB. Dengan mengenakan gamis berwarna putih dan kerudung hijau toska, kedatangan Sudjiatmi disambut sukarelawan PSPJ yang kala itu mengenakan kaus putih bertuliskan Bersih Merakyat Kerja Nyata.

Sudjiatmi kemudian menyalami satu per satu bakul sega liwet. Mereka lesehan di teras rumah milik Parmi, warga RT 002/RW 006 Desa Duwet. Para bakul tersebut telah berkumpul sejak pukul 11.00 WIB. 

Seusai menyalami, Sudjiatmi berbaur dan berdialog bersama mereka. Berbagai persoalan disampaikan para bakul sega liwet tersebut kepada Ibunda Jokowi, seperti bagaimana kondisi jualannya dan telah berapa lama.

Parmi, 55, misalnya menuturkan sudah berjualan nasi liwet selama belasan tahun di Cemani. Dalam kesempatan itu dia berdialog dengan Ibunda Presiden mengenai penjualannya selama ini.  ”Jualannya selama ini alhamdulillah baik. Tiap hari selalu ramai pembeli,” kata dia.

Sama halnya disampaikan bakul sega liwet lainnya, Panut, 64, yang mengaku senang bisa berdialog langsung dengan Ibunda Jokowi. Selama ini dagangannya beberapa kali sempat menjadi langganan Jokowi saat menjabat sebagai Wali Kota Solo. 

”Dulu Pak Jokowi sering pesan untuk acara di Loji Gandrung, rumahnya, atau di Balai Kota. Pas baru di Jakarta juga pernah pesan untuk dibawa ke sana,” katanya.

Sementara itu Sudjiatmi enggan berkomentar banyak mengenai kunjungannya tersebut. Termasuk saat ditanya bagaimana berdialog dengan para bakul sega liwet, Sudjiatmi hanya menjawab singkat. “Baik, baik. Saya tidak mau diwawancarai,” katanya.

Ketua PSPJ Noni Ruli mengatakan kunjungan Ibunda Jokowi murni untuk berdialog dan menyapa para bakul nasi liwet. Tidak ada unsur kampanye dalam kegiatan tersebut.

“Ibu itu [Sudjiatmi Notomiharjo] kan memang suka nasi liwet. Jadi memang beliau ke sini untuk berbincang dengan mereka,” katanya.