Pendukung 2 Pasangan Capres-Cawapres di Sragen Gelar Nonbar Debat, Ini Lokasinya

Ilustrasi debat Pilkada. (Solopos/Whisnupaksa Kridangkara)
17 Januari 2019 13:15 WIB Tri Rahayu Sragen Share :

Solopos.com, SRAGEN -- Pendukung dari dua pasangan calon presiden-calon wakil presiden (capres-cawapres), Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, di Kabupaten Sragen menggelar nonton bareng (nonbar) debat capres-cawapres di televisi, Kamis (17/1/2019) malam.

Dalam debat tersebut masing-masing kubu mendatangkan massa yang jumlahnya sampai seratusan orang. Nonbar pendukung Jokowi-Ma’ruf digelar di Kantor DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sragen.

Sementara pendukung Prabowo-Sandi menggelar nonbar di Posko Prabowo-Sandi (Prasa) Mojo, Sragen Kulon, Sragen. Sekretaris DPC PDIP Sragen, Suparno, menjelaskan nonbar di DPC PDIP Sragen itu bersamaan dengan sarasehan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-46 PDIP.

Suparno menjelaskan PDIP hanya memasang layar sederhana dan mengundang 150 orang. Dia mengatakan undangan berasal dari kalangan pimpinan partai anggota koalisi, Fraksi Partai PDIP DPRD Sragen, struktural DPC PDIP, para caleg PDIP, dan ketua, sekretaris, bendahara dari pimpinan anak cabang (PAC) PDIP se-Kabupaten Sragen.

“Undangan kami sampaikan pukul 18.30 WIB. Nanti setelah debat selesai dilanjutkan sarasehan yang membahas dan menganalisis materi debat yang barusan dibahas. Selama ini kami sudah masif sosialisasi untuk capres-cawapres dengan konsolidasi tatap muka kepada masyarakat serta pembagian bahan kampanye seperti stiker, kaus, dan kalender. Harapannya target 70% suara di Sragen bisa tercapai,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sragen, Idris Burhanuddin, menyampaikan pendukung Prabowo-Sandi juga menggelar nonbar di Mojo. Dia mengatakan sebenarnya banyak pendukung Prabowo-Sandi yang mau menggelar nonbar, terutama dari para sukarelawan, seperti di Gemolong dan kecamatan lain.

“Ya, nanti yang penting datang gitu saja. Ada fasilitas hik [hidangan istimewa kampung]. Kalau ada sarasehan silakan, kami fasilitasi. Untuk perolehan suara nantinya yang penting bisa semaksimal mungkin tetapi belum membahas soal target suara,” ujarnya.

Ketua DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Sragen, Basuki, menambahkan di internal PAN tidak ada perintah untuk nonbar tetapi hanya perintah untuk nonton debat. Dia mengatakan bagi tim pemenangan Prabowo-Sandi selalu koordinasi dengan pimpinan partai koalisi lain dan sukarelawan.