Kapolres Karanganyar Genjot Becak Antarkan Anggota yang Pensiun

Kapolres Karanganyar, AKBP Catur Gatot Efendi, mengayuh becak hias saat mengantar anggota Polres Karanganyar yang pensiun dari Mapolres ke Alun-Alun Kabupaten Karanganyar, Rabu (16/1/2019). - Istimewa/dokumentasi Polres Karanganyar
17 Januari 2019 12:50 WIB Sri Sumi Handayani Karanganyar Share :

Sebanyak sepuluh personel Polres Karanganyar terdiri atas sembilan orang polisi dan seorang aparatur sipil negara (ASN) pensiun. Beberapa di antaranya mantan Kabag Ops Polres Karanganyar, Kompol Suharna; mantan Kapolsek Tasikmadu, Kompol Sodikun; mantan Kapolsek Matesih, Kompol Rohmat, dan lain-lain. Suharna pensiun pada 1 Januari 2019, Sodikun pada 1 November 2018, dan Rohmat pada 1 Desember 2018.

Kapolres Karanganyar, AKBP Catur Gatot Efendi, beserta sejumlah perwira Polres Karanganyar memberikan kejutan untuk mereka. Polres menyewa sejumlah becak yang lantas dihias. Setiap perwira Polres Karanganyar lantas mengayuh becak berisi anggota yang pensiun beserta pasangan masing-masing. Kapolres Karanganyar kebagian “mbecak” mengantar mantan Kabag Ops Polres Karanganyar, Suharna beserta istri.

Becak dikayuh dari Mapolres ke Alun-Alun Kabupaten Karanganyar yang berjarak satu kilometer. Dengan tongkat komando terselip di sabuk, Kapolres mulai mengayuh becak diiringi para personel Polres Karanganyar dan anggota Bhayangkari.

Wakapolres Kompol Dyah Wuryaning Hapsari, Kasatlantas AKP Faris Budiman, Kasat Sabhara AKP Suryono, Kasat Binmas AKP Suwarsi, dan lain-lain juga menggenjot becak. Ada raut wajah lega dan haru begitu rombongan sampai Alun-Alun Kabupaten Karanganyar. Satu demi satu anggota pensiun turun dan pindah ke bus Polres Karanganyar. Mereka akan diantar ke rumah masing-masing.

Mantan Kabag Ops Polres Karanganyar, Kompol Suharna, mengaku terharu mendapat perlakuan istimewa tersebut. Dia merasa tersanjung dan bangga karena diantar langsung Kapolres di akhir masa pengabdiannya selama 36 tahun. " Belum pernah ada yang seperti ini. Biasanya hanya diantar sampai gerbang Polres saja," kata dia saat berbincang dengan wartawan sebelum naik bus, Rabu (16/1/2019).

AKBP Catur Gatot Efendi menyebut acara ini sebagai bentuk perhatian kepada para anggotanya. "Ini simbol kami mengantar personel kembali ke masyarakat setelah pengabdian selesai," ungkap Kapolres. Dia berharap seluruh anggota yang pensiun masih terus mengabdi kepada negara dengan menjadi panutan di masyarakat. "Mudah-mudahan apa yang sudah ditorehkan untuk institusi dan negara juga bisa dilakukan di masyarakat. Masyarakat lebih aman, nyaman, dan rukun dengan keberadaan mereka semua," kata dia.