Kantor Kelurahan Baru Mojo Solo Siap Layani Warga, Ini Lokasinya

Kantor Kelurahan Mojo di bekas Kantor UPT Dinas Pendidikan Pasar Kliwon, Solo. (Solopos - Ratih Kartika)
19 Januari 2019 08:00 WIB Ratih Kartika Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Kantor kelurahan baru hasil pemekaran Kelurahan Semanggi, Pasar Kliwon, Solo, yang diberi nama Kelurahan Mojo, sudah siap. Beberapa fasilitas dan sarana-prasarana penting untuk pelayanan publik sudah ada.

Plt. Lurah Mojo, Margono, mengatakan beberapa kursi, meja, maupun Kantor kelurahan baru hasil pemekaran Kelurahan Semanggi, Pasar Kliwon, Solo, yang diberi nama Kelurahan Mojo, sudah siap. Beberapa fasilitas dan sarana-prasarana penting untuk pelayanan publik sudah ada.komputer sudah mulai dimasukkan ke dalam ruangan. Perangkat mebelair lainnya pun akan mulai masuk ke ruangan-ruangan mulai pekan depan.

"Baru nunggu fasilitas Internet untuk bisa mengakses layanan e-kelurahan. Selain itu juga mebelair [kursi, meja] akan datang lagi pekan depan," jelas Margono saat ditemui Solopos.com di depan Kantor Kelurahan Mojo yang menempati bekas kantor UPT Dinas Pendidikan Pasar Kliwon, Jumat (18/1/2019).

Pelayanan selain kependudukan sudah bisa dilakukan kepada warga setempat. Pelayanan e-kelurahan tengah menunggu akses dengan Internet dari PT Telkom.

"Kami masih menunggu aplikasi dari kelurahan yang akan tersambung dengan akses Internet. Kemarin PT Telkom selaku penyedia jasa layanan Internet sudah ngecek jaringan di kelurahan. Tapi karena jaringan sudah penuh jadinya nanti akan dibuatkan jaringan baru," jelas Margono.

Pantauan Solopos.com, plakat ruangan untuk lurah sudah terpasang. Ruangan Linmas juga sudah disediakan di bagian depan kantor tersebut. Di lantai II terdapat ruangan bagi PKK, aula untuk pertemuan maupun rapat, dan tempat untuk salat.

Kantor kelurahan tersebut juga sudah dibersihkan bergotong royong pada Jumat pagi. Bersih-bersih dilakukan petugas Linmas, perangkat Kecamatan Pasar Kliwon, warga sekitar, Solo Emergency, maupun siswa-siswi dan guru SMPN 11 Solo.

Setelah dibersihkan kantor kelurahan tersebut siap digunakan untuk melayani warga setempat. "Kalau mau digunakan hari ini juga bisa. Tapi kami masih menunggu pemindahan data warga yang akan dilakukan Mei mendatang dan menunggu fasilitas e-kelurahan. Kami masih melakukan pembenahan-pembenahan karena masih terdapat ruangan yang bocor karena sudah lama tidak digunakan. Linmas sudah mulai berjaga dan sudah patroli. Kalau saya sarankan sih tiap satu jam atau dua jam Linmas mengontrol warga," ujar Margono.

Danton Kelurahan Mojo, Joko Prasetyo, mengatakan petugas Linmas sudah mulai berkeliling kelurahan dan lingkungan RW setempat. Sepuluh orang anggota Linmas akan berkoordinasi dengan menggunakan chat Whatsapp maupun menghubungi dengan telepon.

"Kami sudah mulai berjaga pada Minggu [16/1/2019]. Kami juga sudah mulai berjaga 24 jam. Membantu kegiatan penyeberangan anak-anak yang bersekolah di SMPN 11 Solo maupun membantu warga yang keluarganya meninggal dunia," ujar Joko, Jumat.