49 SMK di Solo Siap Gelar UN Berbasis Komputer

Suasana Ujian Nasional berbasis komputer (UNBK). (M. Ferri Setiawan )
22 Januari 2019 13:10 WIB Ayu Prawitasari Solo Share :

Solopos.com, SOLO — Sebanyak 49 sekolah menengah kejuruan (SMK) negeri dan swasta di Solo siap menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2019.

Sekretaris Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Solo, Suratno, mengatakan berdasarkan hasil rapat koordinasi, para kepala SMK negeri dan swasta sepakat menggelar UNBK 2019.

“Semua SMK negeri dan swasta siap melaksanakan UNBK,” ujarnya kepada reporter Solopos.com, Tamara Geraldine, melalui sambungan telepon, Senin (21/1).

Pada tahun ini SMK negeri maupun swasta bisa melaksanakan UNBK secara mandiri sehingga tidak ada yang menumpang di sekolah lain. ”Tahun ini pelaksanaan UNBK jenjang SMK di wilayah Kota Solo tidak ada yang menumpang,” ujarnya.

Kepala SMKN 4 Solo, Suyono, menyiapkan 130 unit komputer untuk pelaksanaan UNBK plus beberapa komputer sebagai cadangan apabila ada gangguan. Tiga unit komputer ditempatkan di empat ruangan, dua di antaranya di ruang laboratorium bahasa yang akan digunakan 395 siswa kelas XII yang mengikuti UNBK.

“Pelaksanaan UNBK nantinya tidak dilakukan secara serentak, tapi dibagi tiga sesi. UNBK digelar dari pagi sampai siang. Masing-masing ruangan ujian diisi 32 siswa,” ujar dia.

Persiapan UNBK 2019 lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya yang sempat mengalami kendala pengadaan perangkat komputer. Mengenai kesiapan para siswa dalam menghadapi UNBK pada 2019, menurut Suyono, tidak ada hambatan.

“Tidak ada hambatan karena sudah dilatih menggunakan komputer untuk ujian semester. Insyallah para siswa sudah siap karena biasa menggunakan komputer,” ujar dia.