Pohon Tumbang Timpa Toyota Fortuner di Selatan Rumdin Wawali Solo

Pohon tumbang di sisi selatan Rumah Dinas Wakil Wali Kota (Wawali) menimpa mobil Toyota Fortuner, Kamis (24/1 - 2019). (Istimewa)
24 Januari 2019 18:40 WIB Ratih Kartika Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Pohon tumbang menimpa mobil Toyota Fortuner yang terparkir di selatan Rumah Dinas Wakil Wali Kota Solo, Kamis (24/1/2019).

Pohon tersebut ambruk karena tidak kuat menahan rindangnya daun ditambah hujan lebat dan angin yang menerpa daerah tersebut.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Solo, Eko Prajudhy Noor Aly, menjelaskan pohon ambruk sekitar pukul 15.05 WIB di selatan Rumah Dinas Wakil Wali Kota (Wawali) Solo. Pohon yang ambruk tersebut mengenai mobil Toyota Fortuner yang terparkir di tepi Jl. Gajah Mada.

Pohon ambruk tersebut menimpa bagian penutup atas mobil dan bagian depan mobil. "Kondisi mobil rusak tapi tidak begitu parah. Mobil saat ini juga sudah dibawa pulang oleh pemiliknya. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tadi [pohon ambruk]," kata Eko kepada Solopos.com, Kamis.

Pohon ambruk tersebut juga telah berhasil dievakuasi BPBD Solo, Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar), maupun Linmas kelurahan setempat. Pohon berhasil dievakuasi sekitar pukul 16.30 WIB.

"Pohon ambruk tadi sudah berhasil dievakuasi. Pohon ambruk dipicu angin kencang dan ada hujan," kata Eko.

Pohon yang tumbang tersebut tidak terlalu dalam saat ditanam. Pohon tersebut juga terlalu rindang daunnya sehingga mudah ambruk.

"Karena angin dan hujan langsung menimpa mobil saat pohon tadi ambruk. Pohon juga rindang sehingga tidak kuat menanggung berat pohon yang akhirnya roboh. Tapi kami sudah mengevakuasi pohon itu. Dinas Lingkungan Hidup [DLH] Solo tinggal membersihkan bekas pohon roboh itu," kata Eko.