Inilah Foto-Foto Lampion Imlek Solo, Lebih Berwarna & Diserbu Warga

Lampion Imlek di jembatan Kali Pepe sebelah barat Pasar Gede Solo, Minggu (27/1 - 2019) malam. (Solopos/Nicolous Irawan)
27 Januari 2019 21:01 WIB Mariyana Ricky Prihatina Dewi Solo Share :

Solopos.com, SOLO — Ratusan warga Solo dan sekitarnya menyemut Jl. Jendral Sudirman, Balai Kota Solo, sekitaran Tugu Jam Pasar Gede dan Jl. Urip Sumoharjo, sejak Minggu (27/1/2019) petang hingga malam. Mereka menunggu nyala lampu lampion kali pertama yang menandai tradisi perayaan Imlek di Kota Bengawan tahun ini.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, panitia memasang 5.000 lampion yang terbagi di sejumlah titik mulai dari Bank Indonesia Jl. Jendral Sudirman sampai lingkar Pasar Gede. Selain itu, dua set lampion shio, satu set lampion punakawan, satu buah lampion shio Babi berukuran jumbo (sesuai dengan Tahun Baru Tiongkok 2570) dan satu buah shio dewa uang. Satu set lampion shio dipasang satu sisi di Jl. Jendral Sudirman dan satu set lagi di satu sisi Jl. Urip Sumoharjo.

Lampion Imlek di Tugu Jam Pasar Gede Solo, Minggu (27/1/2019) malam. (Solopos-Nicolous Irawan)Lampion Imlek di Tugu Jam Pasar Gede Solo, Minggu (27/1/2019) malam. (Solopos-Nicolous Irawan)

Namun bedanya, variasi lampion Imlek 2019 yang berbeda adalah lampu warna-warni yang menggantung di Jembatan Pasar Gede. Warna-warni itu menggambarkan Bhineka Tunggal Ika di tahun politik. Hal inilah yang membuat pemandangan di jembatan Kali Pepe berbeda dan lebih berwarna dari tahun-tahun sebelumnya.

Lampion Imlek di Jembatan Kali Pepe dekat Pasar Gede Solo, Minggu (27/1/2019) malam. (Solopos-Nicolous Irawan)Lampion Imlek di Jembatan Kali Pepe dekat Pasar Gede Solo, Minggu (27/1/2019) malam. (Solopos-Nicolous Irawan)

Berdasarkan pantauan Solopos.com, keriuhan menyambut perayaan Imlek tersebut membuat arus lalu lintas tersendat. Kendaraan yang melintas dari Jl. Slamet Riyadi menuju Jl. Jendral Sudirman berjalan perlahan. Dari Jl. Jendral Sudirman, kendaraan langsung diarahkan menuju ke Jl. Arifin, menghindari Jl. Urip Sumoharjo yang penuh pengunjung sehingga ditutup sebagian dan berlaku satu arah.

Lampion Imlek di kawasan Pasar Gede Solo, Minggu (27/1/2019) malam. (Solopos-Nicolous Irawan)

Kepadatan makin bertambah karena pasar malam yang digelar di sekitar Kali Pepe yang mengular hingga pinggir Jl. Urip Sumoharjo. Pengunjung mayoritas berswafoto di depan ikon Tugu Jam dan jembatan.

Perayaan Imlek tahun ini juga dibarengi Grebeg Sudiro 2019 yang dimeriahkan dengan pentas seni, bazar potensi, dan lomba vlog. Rangkaian Grebeg Sudiro 2019 dimulai 17 Januari hingga 5 Februari mendatang.

Lampion Imlek di Tugu Jam Pasar Gede Solo, Minggu (27/1/2019) malam. (Solopos-Nicolous Irawan)