Siap-Siap! Akan Ada Mutasi Besar-Besaran di Pemkab Wonogiri

ilustrasi mutasi pejabat. (Solopos/Dok)
29 Januari 2019 13:15 WIB Rudi Hartono Wonogiri Share :

Solopos.com, WONOGIRI -- Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, tengah menyiapkan mutasi dan promosi besar-besaran pada jajaran pejabat Pemkab.

Mutasi itu salah satunya untuk mengisi delapan jabatan eselon II yang kosong sejak 2018 lalu. Selain itu juga untuk menggeser atau rotasi pejabat eselon II maupun eselon di bawahnya.

Seleksi pejabat yang akan dimutasi ditargetkan dapat dilaksanakan akhir Januari hingga Februari 2019. Bupati yang disapa Jekek itu mengatakan mengatakan seleksi promosi diperkirakan butuh waktu maksimal tiga pekan.

Seleksi akan dilaksanakan panitia yang ditunjuknya. Peserta seleksi merupakan pejabat eselon III atau setara kepala bidang (kabid) dinas, sekretaris dinas (sekdin), dan kepala bagian (kabag).

Pelaksanaannya akan dibarengkan dengan pengisian jabatan eselon III. Hanya, Bupati tak menyebut jumlah jabatan eselon III yang kini kosong.

“Tahun lalu ada delapan jabatan eselon II yang kosong. Tahun ini jabatan yang kosong akan kami isi melalui seleksi promosi. Kami sudah meminta izin KASN [Komisi Aparatur Sipil Negara] dan sudah diberi izin. Nanti prosesnya enggak lama kok,” kata Bupati saat ditemui Solopos.com seusai mengikuti kegiatan di Ngadirojo, pekan lalu.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, delapan jabatan yang kosong pada 2018, yakni enam kepala dinas dan dua kepala badan. Enam kepala dinas terdiri atas Kepala Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (Dislapernak), Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), dan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A).

Selain itu Kepala Dinas Kearsipan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), dan Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan (KUKM Perindag).

Jabatan Kepala Dinas P2KBBP3A dan KUKM Perindag kosong karena pejabat sebelumnya meninggal dunia. Selebihnya karena pensiun.

Sementara dua jabatan kepala badan yang kosong, yakni Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang).

Namun, sebelum menggelar seleksi promosi, Bupati akan memutasi pejabat eselon II. Sebelumnya, 24 pejabat eselon II sudah mengikuti seleksi mutasi pada Maret 2018.

Bupati memandang proses tersebut tidak efisien karena pejabat eselon sudah memiliki kapabilitas yang memadai untuk digeser di pada jabatan eselon II apa pun. Namun, Pemkab tetap mengikuti ketentuan yang berlaku.

Mengenai siapa saja yang akan dimutasi, Bupati masih mengkajinya. Setelah mutasi dilakukan, jabatan yang kosong setelah ditinggalkan pejabat lama akan dipetakan.

Jabatan yang kosong itulah yang akan diisi dari pejabat eselon III melalui seleksi promosi. Sekda Wonogiri, Suharno, menginformasikan tahun ini terdapat lima jabatan eselon II yang akan kosong karena pejabatnya pensiun.

Lima jabatan yang akan kosong itu meliputi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU), Kepala Dinas Sosial (Dinsos), Asisten I Pemerintahan Kesejahteraan Rakyat, dan Asisten III Administrasi Umum. Pejabat bersangkutan pensiun pada rentang hingga pertengahan tahun ini.