Buka Lagi Jumat Lusa, Ini Spot Baru Taman Bunga Matahari Boyolali

Warga mengunjungi Taman Purbo di Desa Blagung, Kecamatan Simo, Boyolali. Baru saja rampung diperluas, taman ini akan dibuka kembali gratis pada hari pertama, Jumat (1/2/2019). Foto diambil belum lama ini. (Istimewa - Dok. Ginting Sanjay Rayhan)
30 Januari 2019 03:00 WIB Nadia Lutfiana Mawarni Boyolali Share :

Solopos.com, BOYOLALI—Taman wisata bunga matahari Taman Purbo di Desa Blagung Kecamatan Simo Boyolali akan dibuka kembali Jumat (1/2/2019).

Pada hari pertama pembukaan taman ini akan digratiskan selama sehari penuh. “Iya gratis, pengunjung hanya perlu bayar parkir,” ujar pemilik Taman Purbo, Ginting Sanjay Rayhan, kepada Solopos.com, Senin (28/1/2019).

Dia menambahkan pada hari kedua atau Sabtu (2/2/2019) pengunjung tetap akan dikenakan tarif seperti biasanya yaitu Rp5.000 per orang.

Seperti diketahui, sejak akhir Oktober lalu Taman Purbo ditutup lantaran diperluas dan perbaikan akses jalan. Kini sebagian proyek perluasan telah rampung. “Sebagian lagi masih diperbaiki tapi tetap dibuka,” ujar Ginting. Perluasan tahap awal ini dilakukan dengan menambah koleksi tanaman dan pernak-pernik swafoto.

Pada lahan seluas 1.200 m2 tersebut Ginting menanam bunga celosia, cengger ayam, kenikir, dan aster. Dia juga menambahkan jalan setapak yang dibuat dengan menggunakan batu di antara kebun bunga. “Tujuannya agar jenis bunga semakin bervariasi, tidak hanya matahari,” imbuh dia.

Tiga Taman
Sementara itu, untuk memenuhi kebutuhan swafoto para pengunjung Ginting telah menyiapkan satu replika Monumen Nasional (Monas) dengan tinggi sekitar lima meter. Replika ini akan melengkapi tempat-tempat swafoto yang sudah ada sebelumnya.


Berbeda dengan penanaman sebelumnya, Ginting akan membuat pola tanam baru untuk penanaman kali ini. “Tapi polanya masih rahasia,” ujar dia. Semua tahap perluasan itu diperkirakan rampung saat libur lebaran mendatang.


Sebagai informasi, saat ini warga Desa Blagung secara swadaya membuat aneka taman bunga. Total kini ada tiga taman yaitu Taman Bunga Matahari 2, Taman Bunga Celosia Ragil Kuning, dan Taman Purbo yang semuanya dikelola secara mandiri oleh warga.