Coblosan Pilkades, 20 Februari Karanganyar Libur Bersama

Sejumlah cakades di Karanganyar menandatangani deklarasi damai di Gedung Wanita Karanganyar, Selasa (29/1/2019). (Solopos - Ponco Suseno)
01 Februari 2019 15:15 WIB Ponco Suseno Karanganyar Share :

Solopos.com, KARANGANYAR -- Bupati Karanganyar, Juliyatmono, menetapkan tanggal pencoblosan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di Karanganyar, Rabu (20/2/2019) sebagai hari libur daerah.

Sebanyak 410 calon kepala desa (cakades) yang akan bertarung di 145 desa penyelenggara pilkades mengikuti deklarasi damai di Gedung Wanita Karanganyar, Selasa (29/1/2019).

Berdasarkan data yang dihimpun Solopos.com, di Karanganyar ada 162 desa. Dari jumlah tersebut, 145 desa mengikuti pilkades serentak periode II tahun 2019. Sebanyak 410 cakades berasal dari 16 kecamatan di Karanganyar.

Masing-masing cakades juga sudah mengikuti pengundian nomor urut di masing-masing desa setempat, Senin (28/1/2019). “Saya meyakini, para cakades di sini orang yang mencintai desanya masing-masing. Paseduluran jauh lebih penting. Pada saatnya nanti, yang terpilih sebagai kades hanya satu orang. Tetap jaga persatuan dan kerukunan. Di hari pencoblosan pilkades nanti bakal menjadi hari libur,” kata Bupati Karanganyar, Juliyatmono, di sela-sela deklarasi, Selasa.

Selain mengajak para cakades mendukung iklim kondusivitas, Juliyatmono juga mengingatkan panitia pilkades agar selalu menjaga netralitas. Hal itu penting agar tak muncul gejolak di tengah pesta demokrasi tingkat desa.

“Bagi yang bertarung harus siap lahir dan batin. Untuk panitia pilkades harus menjadi wasit yang baik. Warga silakan gunakan hak pilih saat pilkades nanti,” katanya.

Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Desa Setda Karanganyar, Timotius Suryadi, mengatakan berbagai regulasi terkait pilkades serentak sudah disosialisasikan ke masing-masing cakades.

“Nanti tidak ada pilkades ulangan meski hasil draw. Kami juga sudah mengantisipasi ketika terjadi hasil draw saat pilkades. Saat terjadi seperti itu, akan ditentukan tahapan berikutnya, yakni melihat perolehan suara berdasarkan sebaran pemilih di dusun dengan daftar pemilih tetap [DPT] terbanyak I. Jika masih draw lagi dilihat di dusun dengan DPT terbanyak II dan seterusnya,” katanya.

Kapolres Karanganyar, AKBP Catur Gatot Efendi, mengatakan siap menjaga iklim kondusivitas saat berlangsung pilkades serentak di Karanganyar. “Satu tempat pemungutan suara (TPS) dijaga dua anggota polisi, satu anggota TNI, dan empat anggota Linmas,” katanya.