Indahnya Bangunan Baru Stasiun Kemiri Kebakkramat

Foto bangunan baru Stasiun Kemiri Kebakkramat (Instagram/mahesa.motret)
03 Februari 2019 22:35 WIB Chelin Indra Sushmita Karanganyar Share :

Solopos.com, KARANGANYARStasiun Kemiri, Kebakkramat, Karanganyar, bersolek. Kini, bangunannya terlihat semakin kokoh dan indah. Kabarnya, kereta api kelas bisnis dan eksekutif bakal berhenti setelah proses renovasi selesai.

Kemegahan bangunan Stasiun Kemiri viral berkat foto unggahan pemilik akun Instagram @mahesa.motret, 16 Januari 2019. Foto tersebut dibagikan ulang akun Instagram @explorekabkaranganyar, Kamis (31/1/2019).

Bangunan stasiun yang termasuk dalam Daerah Operasi VI Yogyakarta itu terlihat sangat indah. Stasiun Kemiri yang terletak tak jauh dari Jalan Raya Tasikmadu-Kebakkramat memiliki tiga jalur kereta api. Bangunan baru Stasiun Kemiri membuat warganet takjub. Netizen juga tidak sabar menunggu Stasiun Kemiri beroperasi.

"Kebakkramat sudah maju. Ayo mudik," komentar @rakawtf.

"Puji Tuhan, dekat rumah ini mau jalan ke mana-mana enak," sambung @endangoeyoey.

"Alhamdulillah, kalau pulang kampung semoga bisa turun di sana daripada di Purwosari atau Balapan. Kejauhan," imbuh @citeraaa10969.

Selain Stasiun Kemiri, Stasiun Palur juga ikut bersolek. Pemandangan di belakang markas Polsek Jaten, karanganyar berubah. Sudah tidak ada lagi deretan rumah dan tempat usaha di dekat jalur rel kereta api. Permukiman dan tempat usaha itu diratakan dengan tanah karena terdampak proyek strategis nasional.

Pemerintah pusat melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian merealisasikan jalur rel kereta api ganda atau double track lintas Solo Balapan-Kedungbanteng dan jalur kereta api akses Bandara Adi Soemarmo lintas Solo Balapan-Adi Soemarmo. Pembangunan double track tidak hanya fokus pada instalasi rel kereta api.

Fasilitas stasiun pun menjadi sasaran. Fasilitas itu berupa pelataran parkir di muka stasiun, tempat penjualan tiket, loket informasi, peron atau ruang tunggu, ruang kepala stasiun, dan ruang Pengatur Perjalanan Kereta Api (PPKA). Ruang PPKA berisi peralatan, seperti sinyal, wesel (alat pemindah jalur), telepon, telegraf, dan lain-lain.