Soloraya
Jumat, 12 April 2024 - 19:35 WIB

Sendang Kun Gerit dan Sangiran di Sragen Diserbu Wisatawan saat Libur Lebaran

Redaksi Solopos.com  /  Astrid Prihatini WD  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Suasana Sendang Kun Gerit, Gemolong, Sragen yang dipenuhi ribuan pengunjung saat H+3 Lebaran, Jumat (12/4/2024). (Solopos.com/Candra Septian Bantara)

Solopos.com, SRAGEN-Objek wisata Sendang Kun Gerit, Gemolong, Sragen dan Museum Manusia Purba Sangiran masih menjadi primadona wisatawan untuk menghabiskan libur Lebaran 2024 kali ini. Hingga H+3 Lebaran ini ribuan wisatawan memadati dua lokasi wisata tersebut.

Pantuan Solopos.com, Jumat (13/4/2024), Resto dan Pemandiam Sedang Kun Gerit diserbu ribuan orang dari Sragen dan sekitarnya. Bahkan tak sedikit pula mobil berpelat luar kota juga memenuhi area parkir.

Advertisement

Sebagian besar pengunjung datang untuk berenang di kolam mata air asli dengan ketinggian bervariasi. Namun ada juga yang hanya menikmati aneka kuliner yang disediakan Resto Sendang Kun Gerit.

Selama Lebaran ini harga tiket di Sendang Kun Gerit Sragen mengalami kenaikan menjadi Rp10.000. Sedangkan di hari normal hanya Rp5.000.

Advertisement

Selama Lebaran ini harga tiket di Sendang Kun Gerit Sragen mengalami kenaikan menjadi Rp10.000. Sedangkan di hari normal hanya Rp5.000.

Untuk jam operasional Sendang Kun Gerit buka pukul 07.00-23.00 WIB.

Petugas tiket Sendang Kun Gerit, Iin, mengaku selama Lebaran ini pengunjung di tempatnya naik hampir 3 kali lipat. Tercatat selama tiga hari beroprasi selama Libur Lebaran tak kurang 10.000 orang datang ke sini.

Advertisement

Menurut Iin selain berenang pengunjung bisa melakukan banyak aktivitas lainnya. Seperti kulineran, bermain waterboom, mengadakan acara di pendapa, dan terapi ikan.

Salah seorang pedagang di Kun Gerit, Isna, mengaku meraup keuntungan berlipat-lipat selama Lebaran kali ini. Perempuan penjual aneka makanan ringan dan minuman ini bisa menjual puluhan hingga ratusan makanan dan minuman.

“Secara penjualan saya naik 2-3 kali lipat, Mas. Kalo sehari biasanya cuma puluhan yang terjual ini bisa seratusan jajanan yang terjual,” kata Isna.

Advertisement

Tak berbeda dengan Sendang Kun Gerit, Museum Sangiran juga kebanjiran pengunjung selama Lebaran kali ini. Hari ketiga Lebaran ini tercatat ada lebih dari 1.500 pengunjung.

Hal itu disampaikan petugas loket, Museum Sangiran Eko, saat dihubungi Solopos.com.

Menurutnya puncak pengunjung datang ke Sangiran adalah hari Sabtu-Minggu (13-14/4/2024). Untuk jam operasional kata Eko mulai buka pukul 08.00-16.00 dengan harga tiket Rp15.000 untuk wisatawan domestik dan Rp30.000 untuk wisatawan manca negara.

Advertisement

“Puncaknya kami prediksi terjadi Sabtu-Minggu besuk. Jam operasional dan tarif masih sama,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif