Pohon Tumbang di Sroyo Karanganyar Hambat Aliran Sungai

BPBD Karanganyar dan warga Ngabean mengevakuasi pohon di Sungai Sepreh, Selasa (5/2/2019). (Solopos - Wahyu Prakoso)
05 Februari 2019 15:35 WIB Wahyu Prakoso Karanganyar Share :

Solopos.com, KARANGANYAR -- Hujan  disertai angin kencang pada Salasa (5/2/2019) dini hari mengakibatkan dua pohon tumbang di Ngabean, Sroyo, dekat pabrik Indo Acidatama, Karanganyar.

Tidak ada korban jiwa maupun luka, tetapi satu pohon mangga tumbang merusak kabel listrik dan satu pohon trembesi tumbang ke Sungai Sepreh sehingga menyumbat aliran air di jembatan Sepreh.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, Selasa, Badan Penanggulangan Bencana Daearah (BPBD) Karanganyar bersama warga  Dusun Ngabean membersihkan Sungai Sepreh. Tidak kurang dari 16 orang turun ke sungai untuk memotong kayu lalu dihanyutkan.

Warga Dusun Ngabean, Parmanto, 49, mengungkapkan hujan deras terjadi sejak pukul 01.00 WIB hingga pukul 03.00 WIB. Angin berembus kencang pukul 01.30 WIB hingga 02.30 WIB.

“Semalam hujan angin, pohonnya pada tumbang. Ini pohon trembesi masuk ke sungai dan tersangkut tiang penyangga jembatan. Padahal Minggu [3/2/2019] kemarin baru saja dibersihkan bareng Pak Camat,” ujar Ketua RW 07 Kanten tersebut kepada Solopos.com di Jembatan Sepreh.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Harian BPBD Karanganyar, Bambang Djatmiko, mengatakan pohon tumbang karena angin puting beliung di Dusun Ngabean, tepatnya di dekat pabrik Indo Acidatama. Tidak ada korban. Pohon baru dievakuasi Selasa pagi.