3 Candi Tertinggi di Indonesia Ada di Karanganyar, Mana Saja?

Candi Cetho Karanganyar (Instagram/andrian1606_)
06 Februari 2019 09:40 WIB Chelin Indra Sushmita Karanganyar Share :

Solopos.com, KARANGANYAR – Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, memiliki sejumlah lokasi wisata yang sayang untuk dilewatkan. Letaknya yang berada di lereng Gunung Lawu menjadikan Karanganyar sebagai salah satu destinasi wisata. Hamparan perbukitan dan kebun teh asri siap memanjakan mata siapa saja yang memandang.

Ada pula air terjun, candi, hingga beberapa lokasi wisata kekinian yang siap menjadikan liburan di Karanganyar semakin seru. Dari sekian banyak, candi menjadi salah satu objek wisata yang cukup sering dikunjungi di Karanganyar.

Sayangnya, letaknya yang cukup tinggi membuat akses ke beberapa candi di Karanganyar cukup sulit. Meski demikian, ternyata tiga candi di Karanganyar masuk daftar candi tertinggi di Indonesia. nah, tahukah Anda candi manakah yang dimaksud?

Berdasarkan informasi yang dibagikan pemilik akun Instagram @solonyaman, Minggu (4/2/2019), Candi Sukuh, Candi Cetho, dan Candi Kethek merupakan tiga candi tertinggi di Indonesia. Candi Sukuh yang berada di Desa Berjo, Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah berada di urutan kelima candi tertinggi di Indonesia.

Candi bercorak Hindu tersebut berada di ketinggian 1.186 meter di atas permukaan laut. Bangunan Candi Sukuh cukup sederhana. Namun, kesederhaan inilah yang menjadi daya tarik bagi pengunjung. Mengutip Wikipedia, Candi Sukuh ditemukan pada masa kolonial Inggis, sekitar 1815, yang dipimpin Thomas Stanford Raffles.

Selanjutmya ada Candi Cetho yang menempati urutan ketiga candi tertinggi di Indonesia. Candi yang berlokasi di ketinggian 1.496 mdpl ini dibangun pada masa akhir Kerajaan Majapahit, sekitar abad ke-15 Masehi. Kompleks candi bercorak Hindu ini terletak di Dusun Ceto, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar.

Nah, candi tertinggi di Karanganyar adalah Candi Kethek yang berlokasi di sebelah timur laut Candi Cetho. Candi ini terletak di ketinggian sekitar 1.500 mdpl yang juga masuk wilayah Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar. Untuk mencapai tempat ini, pengunjung harus berjalan kaki menyusuri jalan setapak sekitar 300 meter dari Candi Cetho.