Terminal Tirtonadi Solo Pikat Warga dengan 7.000 Durian, Ini Tujuannya

Warga memilih durian saat Festival Durian Tirtonadi di Terminal Tirtonadi, Solo, Rabu (6/2 - 2019). Festival Durian Tirtonadi dengan total 7.000 buah tersebut untuk menarik minat warga dalam menggunakan moda transportasi umum. (Solopos/Nicolous Irawan)
07 Februari 2019 03:12 WIB Candra Mantovani Solo Share :

Solopos.com, SOLO - Sebanyak 7000 buah durian tersedia di Terminal Tipe A Tirtonadi, Solo dalam event Festival Durian. Banyaknya durian di terminal terbukti mampu mencuri perhatian warga untuk mendatangi Terminal Tipe A Tirtonadi.

Kepala Koordinator Terminal Tipe A Tirtonadi, Joko Sutriyanto mengatakan event festival durian di terminal tersebut untuk menarik masyarakat mendatangi terminal dan mengetahui kondisi terminal. Sehingga, dapat memberikan efek minat masyarakat menaiki transportasi umum.

“Jadi memang ada niatan tertentu diadakannya festival durian ini. Salah satunya meningkatkan kembali minat masyarakat untuk menaiki transportasi umum. Terbukti, orang datang beli durian kemudian pulang naik bis,” jelasnya saat ditemui wartawan Rabu (6/2/2019).

Selain festival, juga diadakannya gunungan durian yang kan dibagikan gratis kepada masyarakat. Sebanyak 80 buah durian ditata menjadi bentuk gunungan dalam festival tersebut. Namun, sesaat setelah gunungan durian tersebut ditata warga kemudian langsung berebut durian gratis tersebut.

“Iya kami belum ada kode untuk dibagikan warga sudah datang langsung, tapi tidak apa-apa itu tandanya minat warga tinggi. Saya jadi semangat untuk mengadakan lagi event sejenis,” lanjut Joko sembari menunjukan tangannya yang berdarah karena menahan gunungan durian agar tidak roboh.

Joko juga menjelaskan bahwa event durian tersebut baru pertama kali diadakan oleh pihaknya. Melihat tingginya minat masyarakat dia merencanakan untuk membuat event dengan skala yang lebih besar.

“Melihat minat masyarakat yang tinggi ini sebenarnya saya juga kaget. Nanti kami akan berniat mengulangi event sejenis dengan skala yng lebih besar. Mungkin daerah ini [lokasi event] akan kami penuhi sekalian dengan pedagang durian dan durian dari berbagai tempat,” bebernya.

Salah satu pedagang durian di event festival durian Terminal Tipe A Tirtonadi Bambang Ariyanto mengatakan sedikitnya 7.000 buah durian berhasil terjual di event yang diadakan terminal tersebut. Harga yang dibanderol menurutnya beragam dari yang paling murah adalah Rp20.000. Bambang juga mengapresiasi pihak terminal karena tempat yang disediakan nyaman dan keamanan terjamin.

Festival Durian Terminal Tipe A Tirtonadi diadakan selama tiga hari berturut-turut sejak Senin (4/2/2019) hingga Rabu (6/2/2019). Dalam festival tersebut sebanyak 7000 buah durian didatangkan dan dihari terakhir terdapat 80 buah durian yang dibentuk menjadi gunungan untuk kemudian dibagikan secara gratis kepada warga yang hadir.