Perampok Toko Kelontong Batuwarno Wonogiri Tertangkap, Ternyata Tetangga Korban

Polisi memeriksa lokasi perampokan di toko kelontong milik Nu Rahayu, 48, di Rembun RT 001/RW 005, Sumberejo, Batuwarno, Wonogiri, Rabu (6/2/2019) sore. (Istimewa - Humas Polres Wonogiri)
07 Februari 2019 18:55 WIB Rudi Hartono Wonogiri Share :

Solopos.com, WONOGIRI -- Hanya dalam waktu delapan jam setelah kejadian, aparat Polsek Batuwarno dibantu Polres Wonogiri berhasil menangkap pelaku perampokan toko kelontong milik Nur Rahayu, 48, di Rembun RT 001/RW 005, Sumberejo, Batuwarno, Wonogiri.

Perampokan itu terjadi Rabu (6/2/2019) pukul 14.45 WIB dan pelaku yang bernama Joko Susilo, 46, ditangkap di rumahnya yang hanya berjarak 1 kilometer (km) dari rumah Nur Rahayu alias masih bertetangga pada Rabu malam.

Kasatreskrim Polres Wonogiri, AKP Aditia Mulya Ramdhani, memastikan pelaku merupakan orang dekat korban, tetapi dia belum mengetahui pelaku hanya tetangga atau pekerja korban.

Menurut dia pelaku, Joko Susilo, sudah mempersiapkan diri sebelum beraksi. Joko melepas pelat nomor sepeda motornya. Selain itu dia mengenakan helm dan masker agar identitasnya tak ketahuan korban, Nur Rahayu.

Joko juga mengenakan sarung tangan agar tak meninggalkan sidik jari di lokasi kejadian. Namun, petugas tetap dapat melacak identitas Joko berbekal berbagai petunjuk, seperti keterangan saksi.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, polisi menangkap Joko di rumahnya yang berjarak lebih kurang 1 km dari rumah Nur. Nur sudah akrab dengan Joko karena Joko sering membeli rokok atau minuman di toko kelontongnya.

Joko beraksi setelah menjemput anaknya pulang sekolah. Sesampainya di rumah dia berganti jaket dan langsung menuju sasaran. Polisi dapat melacak Joko berawal dari sepeda motor yang digunakannya.

Ada saksi yang hapal sepeda motor itu. Polisi kemudian melacak pemilik sepeda motor tersebut. Pemilik sepeda motor mengatakan sepeda motornya Rabu lalu dipinjam Joko. Selanjutnya polisi menangkap Joko di rumahnya.

Akibat aksi perampokan itu, Nur Rahayu mengalami luka di bagian wajah dan leher karena dipukul Joko menggunakan tangan kosong dan dicekik.