Bawaslu Klaten Buka Lowongan 4.313 Pengawas TPS, Anda Berminat?

Diorama simulasi pemilu. (Bisnis/Rachman)
08 Februari 2019 17:05 WIB Taufik Sidik Prakoso Klaten Share :

Solopos.com, KLATEN – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, merekrut 4.313 pengawas tempat pemungutan suara (PTPS) untuk seluruh TPS di Klaten.

Proses rekrutmen dibuka Pengawas TPS di Klaten dimulai pada 11 Februari hingga 21 Februari mendatang. Proses rekrutmen meliputi penerimaan berkas dan wawancara.

Sementara, syarat sebagai calon Pengawas TPS yakni warga negara Indonesia (WNI), berusia 25 tahun, pendidikan minimal SMA/sederajat, dan tidak ada ikatan perkawinan dengan sesama penyelenggara pemilu.

Selain itu, bagi mereka yang pernah menjadi anggota parpol harus mengundurkan diri dari keanggotaan parpol sekurang-kurangnya lima tahun.

“Proses pembentukan PTPS dilakukan Panwaslu Kecamatan dibantu panwaslu desa. Oleh karena itu, bagi masyarakat yang akan mendaftar bisa mendatangi kantor pengawas di wilayah masing-masing,” kata Ketua Bawaslu Klaten, Arif Fatkhurrohman, berdasarkan rilis yang diterima solopos.com, Rabu (6/2/2019).

Pengawas TPS hasil rekrutmen, ungkap dia, bakal dilantik pada 25 Maret 2019 dan bertugas membantu panwaslu desa di wilayah kerja mereka.

Pengawas TPS bakal dibekali bimbingan teknis guna memberikan kompetensi dalam mencegah praktik pelanggaran Pemilu. Masa kerja Pengawas TPS yakni sampai tujuh hari setelah pemungutan suara pada 17 April.

“PTPS harus bisa menjadi wasit bila terjadi konflik di TPS tempat mereka bertugas,” jelas Arif Fatkhurrohman.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya