Misteri Kretek Pegat Grojogan Sewu Karanganyar, Percaya?

Kretek Pegat di Grojogan Sewu (Instagram/alexis_gudlife)
10 Februari 2019 09:00 WIB Chelin Indra Sushmita Karanganyar Share :

Solopos.com, KARANGANYAR Pesona keindahan Air Terjun Grojogan Sewu sudah tidak perlu diragukan lagi. Objek wisata yang terletak di lereng Gunung Lawu, tepatnya di Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar, itu selalu ramai pengunjung setiap akhir pekan dan musim liburan tiba.

Pemandangan alam yang memesona ditambah udara sejuk menjadi daya tarik wisatawan berkunjung ke Grojogan Sewu. Namun, di balik keindahannya, ada mitos tentang Grojogan Sewu yang sangat terkenal, yakni misteri Kretek Pegat.

Dihimpun dari berbagai sumber, Sabtu (9/2/2019), kreteg pegat merupakan jembatan di atas aliran sungai kecil yang menghubungkan jalur masuk pintu satu dan dua kawasan wisata Grojogan Sewu. Dari jembatan itu, pengunjung bisa melihat derasnya air terjun setinggi 80 meter.

Masyarakat sekitar menyebut jembatan itu dengan nama Kretek Pegat alias jembatan pemisah. Sekilas, jembatan itu memang terkesan biasa saja. Namun, menurut beberapa tokoh spiritual, jembatan itu memancarkan aura perpisahan yang sangat kuat.

Konon, jika ada pasangan kekasih yang belum menikah lewat di jembatan ini, hubungan mereka bakal kandas. Jalinan cinta pasangan ini tidak akan berlanjut ke jenjang pernikahan. Namun, hal ini tidak berlaku bagi pasangan yang telah menikah.

Selain itu, pada hari-hari tertentu di waktu petang, akan terlihat sosok kakek-kakek yang melintas di antara kabut yang menyelimuti Kretek Pegat. Konon, kakek itu adalah makhluk gaib yang merupakan abdi setia Kyai Baladewa, penunggu Grojogan Sewu.

Kisah misteri tentang Kretek Pegat itu menjadi buah bbir warganet. Akun Instagram @jelajahsolo yang membagikan foto Kretek Pegat jepretan @alexis_gudlife, mendapat banyak komentar. Netizen terbelah menjadi dua kubu, percaya dan tidak.

"Meskipun ke sini tanpa lewat jembatan, tujuh tahun pun ambyar morat-marit," komentar @intandinakartika.

"Terakhir ke sana tahun 2013 pas masih pacaran. Kenyataannya tahun 2016 dinikahi. Alhamdulillah bahagia sampai sekarang dan seterusnya, amin," imbuh @marlindearwanti049.

"Akhir November ke situ bahagia sama dia. Kok habis itu ambyar. Enggak percaya mitos, tapi kok gimana gitu ya min," sambung @yunie.tri.

"Enggak ah, aku sudah mau menikah habis dolan dari sana. Ke Sarangan sampai sekarang. Alhamdulillah hubunganku awet dan aman-aman saja," imbuh @trywulandary.