Tujuan Lawatan Duta Seni Boyolali 2019, Belanda, Jerman, dan Prancis

Duta Seni Boyolali 2017 saat geladi bersih sebelum misi kebudayaan ke beberapa negara di Eropa. (Dokumentasi)
11 Februari 2019 02:30 WIB Akhmad Ludiyanto Boyolali Share :

Solopos.com, BOYOLALI—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali mengincar tiga negara Eropa sebagai tujuan penampilan Duta Seni Boyolali 2019.

Sementara itu, seleksi peserta memasuki tahap akhir di Bumi Perkemahan Indraprasta Pantaran, Ampel, Boyolali Jumat-Minggu (8-10/2/2019).

Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Boyolali Budi Prasetyaningsih mengatakan tiga negara di Eropa yang menjadi target tujuan kunjungan adalah Belanda, Jerman, dan Prancis. Namun saat ini masih menunggu kepastian jadwal event-event budaya di negara-negara tersebut.

“Duta Seni Boyolali 2019 ini kami rencanakan berangkat Juli akhir. Pada saat itu, di Belanda, Jerman, dan Prancis ada event budaya sehingga negara itulah yang kami jadikan tujuan. Tapi saat ini belum fix. Kami masih menunggu kepastian jadwal event mereka,” ujar Budi, kepada Solopos.com, Sabtu (9/2/2019).

Mas dan Mbak Boyolali

Untuk diketahui, tahun 2017 para Duta Seni Boyolali ini unjuk kebolehan menampilkan beragam seni budaya Boyolali di Meksiko, Brasil, dan Selandia Baru.

Sementara itu, tahapan seleksi peserta Duta Seni Boyolali 2018 sudah memasuki tahap akhir audisi. Setelah tahap akhir ini, juri dan panitia akan menetapkan 16 peserta yang berhak berangkat menjadi Duta Seni Boyolali 2019. “Akan kami pilih enam belas pelajar ditambah dua orang dari unsur Mas dan Mbak Boyolali,” imbuh Budi.

Kepala Disdikbud Boyolali Darmanto mengatakan pada tahun ketujuh lawatan misi kebudayaan Pemkab Boyolali ini, ia kembali menegaskan bahwa tujuan kegiatan ini untuk mempromosikan seni budaya Boyolali ke luar negeri. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan membuka wawasan anak-anak agar lebih mendunia.