Siap-Siap, Wonogiri Bakal Buka 243 Lowongan PPPK

Koordinator Wilayah Front Pembela Honorer Indonesa (FPHI) Kabupaten Wonogiri, Sunthi Sari, saat menyampaikan aspirasi dalam Sarasehan Bersama GTT/PTT di Pendapa Rumah Dinas Bupati Wonogiri pada Rabu (17/10/2018). Perekrutan pegawai pemerintan dengan perjanjian khusus (PPPK) salah satunya untuk mengakomodasi kepentingan GTT/PTT. - Ichsan Kholif Rahman
11 Februari 2019 10:00 WIB Rudi Hartono Wonogiri Share :

Solopos.com, WONOGIRI—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri akan membuka 243 lowongan pegawai pemerintah dengan perjanjian khusus (PPPK) . Kapan perekrutan PPPK ini dimulai masih menunggu keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB). Kemungkinan besar dalam bulan ini.

Wonogiri sebenarnya mendapat alokasi 279 lowongan dari pemerintah pusat. Namun alokasi itu tidak diambil semua.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Wonogiri, Lakso Haryoto, mengatakan 243 lowongan itu terdiri atas 133 guru, 19 tenaga kesehatan, dan 91 penyuluh pertanian. Lowongan guru meliputi satu guru taman kanak-kanak (TK), 123 guru SD, dan sembilan guru SMP. Lowongan tenaga kesehatan untuk lulusan D-3 dan seluruhnya akan ditempatkan di puskesmas.

Sementara, lowongan penyuluh terdiri atas 30 kursi bagi lulusan S-1 (27 orang akan menjadi penyuluh pertanian tanaman pangan dan tiga orang menjadi penyuluh kelautan, perikanan, dan peternakan), sembilan kursi bagi lulusan D-3 menjadi penyuluh pertanian tanaman pangan, dan 52 kursi bagi lulusan sekolah pertanian menengah atas (SPMA) atau SMK menjadi penyuluh pertanian tanaman pangan.

“Usulan secara resmi kami kirim kepada Menteri PAN RB, kemarin [Kamis, 7/2/2019]. Kami masih menunggu penetapan usulan. Bisa jadi usulan disetujui semua dan ditetapkan, bisa jadi tidak disetujui semua,” kata Laksi yang juga Kabid Mutasi dan Pengembangan Aparatur BKD itu saat ditemui Espos di kantornya kompleks Sekretariat Daerah (Setda), Jumat (8/2/2019).

Dia melanjutkan pengumuman dan pendaftaran penerimaan PPPK akan dibuka setelah Menpan RB sudah menetapkan usulan. Lakso meyakini penetapan usulan itu dilakukan sebelum 16 Februari. Tanggal tersebut merupakan hari terakhir pengumuman dan pendaftaran yang ditetapkan Menteri PAN RB.

Berdasar jadwal tahapan seleksi yang diperoleh Solopos.com, pengumuman dan pendaftaran 8-16 Februari, cek dan validasi data peserta 8-10 Februari, dan verifikasi 10-17 Februari. Pelaksanaan seleksi, meliputi tes CAT 23-24 Februri, pengolahan hasil tes 25-26 Februari, dan pengumuman hasil tes 1 Maret.