Longsor Timpa 2 Rumah dan Timbun Jalan di Puhpelem Wonogiri

Personel BPBD Wonogiri dibantu sukarelawan dan masyarakat membersihkan rumah tertimpa tanah longsor di Desa Golo, Puhpelem, Wonogiri, Senin (11/2/2019). (Istimewa - BPBD Wonogiri)
11 Februari 2019 17:45 WIB Cahyadi Kurniawan Wonogiri Share :

Solopos.com, WONOGIRI -- Tanah longsor menerjang dua rumah di Desa Golo, Kecamatan Puhpelem, Wonogiri, Minggu (10/2/2019). Longsoran tanah juga sempat menutup jalan kabupaten di desa setempat.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, tanah longsor terjadi pada Minggu sekitar pukul 17.00 WIB. Saat itu hujan deras intensitas sedang selama sejam.

Tak lama kemudian, tanah longsor menimpa rumah milik Atmo Sutarno hingga mengakibatkan dinding rumah ambruk. Tanah longsor juga menimpa rumah milik Aris Yulianto, tetangga Atmo, yang berakibat dinding ambrol.

"Dari kedua rumah itu tidak ada korban jiwa namun, kerugian materi ditaksir mencapai 3,1 juta,” kata Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Wonogiri, Bambang Haryanto, kepada Solopos.com, Senin (11/2/2019).

Bambang menjelaskan tanah longsor juga mengakibatkan akses jalan kabupaten yang menghubungkan Bulukerto-Desa Golo di Dusun Gandu, Desa Golo, tertimbun longsoran tanah. Hal itu mengakibatkan arus lalu lintas di wilayah itu sempat tersendat lantaran mobil tak bisa melintas.

“Atas kejadian bencana tanah longsor di tiga lokasi tersebut upaya pemulihan awal telah dilaksanakan warga masyarakat setempat dan dilanjutkan kegiatan pemulihan hari ini bersama personel BPBD bersama warga masyarakat. Kondisi sekarang sudah normal kembali,” terang Bambang.