Tak Dilibatkan, Anak Gunung Lawu Penasaran Metode Ki Prana Lewu Cari Alvi

Anggota Tim SAR Karanganyar, AGL, dan sukarelawan lain menyusuri hutan, dan tebing Gunung Lawu untuk mencari Alvi Kurniawan. (Istimewa - Tim SAR Karanganyar)
12 Februari 2019 15:15 WIB Wahyu Prakoso Karanganyar Share :

Solopos.com, KARANGANYAR -- Praktisi spiritual yang juga pengisi acara Kabar Misteri di salah satu stasiun televisi di Jakarta, Ki Prana Lewu, mendaki Gunung Lawu di Karanganyar untuk mencari pendaki asal Magelang, Alvi Kurniawan, yang hilang sejak awal Januari 2019 lalu.

Pencarian ini dilakukan melalui jalur Cetho karena Alvi mendaki melalui jalur tersebut. Tim Ki Prana Lewu yang kabarnya berjumlah sembilan orang berangkat mendaki tanpa melibatkan sukarelawan lokal seperti Anak Gunung Lawu (AGL).

Anggota AGL, Budi Santoso, mengatakan Ki Prana Lewu dan sembilan orang lainnya berangkat pukul 11.04 WIB, Senin (11/2/2019), via jalur Cetho. Ia menjelaskan tim tersebut tidak melibatkan AGL di basecamp.

“Kami tidak melarang mereka melakukan pencarian. Kami tertarik metode apa yang akan mereka gunakan, apakah dengan logika atau metafisika. Kalau metafisika kan dia punya skill,” katanya kepada Solopos.com melalui telepon, Selasa (12/2/2019).

Ia mengatakan hingga Selasa pukul 09.16 WIB tidak tahu perkembangan pergerakan tim Ki Prana Lewu karena tim AGL di basecamp tidak dilibatkan. “Kalau kami dilibatkan pasti koordinasi jauh lebih baik karena kami tahu kondisi medan. Jadi tiap pergerakan bisa terpantau. Mereka mendaki tidak membawa HT [handy talky],” ujarnya kapada Solopos.com.

Budi menjelaskan jalur pendakian Gunung Lawu ada tiga yaitu Cetho, Cemoro Kandang, dan Cemoro Sewu. Jalur Cetho memiliki 5 pos. Jalur tersebut merupakan jalur terpanjang dari kedua jalur lainnya.

Ia mengatakan Ki Prana Lewu dan kawan-kawan rencananya turun pada Rabu (13/2/2019). Berdasarkan unggahan video di akun Instagram Ki Prana Lewu, tim pencari terdiri dari teman-teman Ki Prana Lewu dari Ngawi, Surabaya, dan Jakarta. Tim Kabar Misteri juga ikut meliput perjalanan mencari Alvi tersebut.