Soloraya
Jumat, 29 Maret 2024 - 17:36 WIB

Menang Pilpres, 9 Parpol Koalisi Indonesia Maju di Klaten Bertemu Bahas Pilkada

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pimpinan parpol anggota Koalisi Indonesia Maju (KIM) di Klaten berkumpul di salah satu rumah makan setempat, Rabu (27/3/2024) malam. (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN – Sukses memenangkan pasangan Prabowo-Gibran di Pilpres 2024, sembilan partai politik atau parpol yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) di Klaten memastikan tetap solid dan bertekad melanjutkan koalisi untuk mengusung cabup-cawabup di Pilkada Klaten 2024.

Hal tersebut terungkap saat digelar pertemuan di salah satu rumah makan di Klaten, Rabu (27/3/2024) malam. Ada sembilan parpol parlemen maupun nonparlemen yang tergabung dalam KIM.

Advertisement

Mereka yakni Partai Golkar, Partai Gerindra, PAN, Partai Demokrat, PSI, Partai Garuda, Partai Gelora, Prima, serta PBB. KIM di Klaten diketuai Yoga Hardaya yang juga Ketua DPD Partai Golkar Klaten.

Yoga mengatakan pimpinan parpol yang tergabung dalam KIM secara rutin menggelar pertemuan meski Pilpres telah usai. Hal itu dilakukan untuk mempererat komunikasi serta membahas perkembangan politik di Kabupaten Bersinar, termasuk arah koalisi di Pilkada.

Advertisement

Yoga mengatakan pimpinan parpol yang tergabung dalam KIM secara rutin menggelar pertemuan meski Pilpres telah usai. Hal itu dilakukan untuk mempererat komunikasi serta membahas perkembangan politik di Kabupaten Bersinar, termasuk arah koalisi di Pilkada.

“Sampai saat ini sembilan partai di KIM masih kompak, solid untuk melakukan penjaringan calon bupati dan wakil bupati yang nanti akan kami usung,” kata Yoga saat ditemui wartawna seusai pertemuan dengan pimpinan parpol KIM.

Yoga mengatakan koalisi bakal membentuk tim penjaringan. Nantinya, proses penjaringan diprioritaskan pada calon-calon yang diusulkan parpol yang tergabung dalam koalisi.

Advertisement

Seleksi Cabup-Cawabup

Pada kesempatan itu, Yoga menyampaikan terima kasih kepada seluruh sukarelawan yang membantu pemenangan Prabowo-Gibran terutama di wilayah Kabupaten Klaten.

“Saya atas nama ketua KIM, mengucapkan kepada teman-teman yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju beserta seluruh sukarelawan serta seluruh masyarakat Kabupaten Klaten yang sudah mendukung kemenangan Prabowo-Gibran menjadi pasangan presiden dan wakil presiden,” kata Yoga.

Ketua DPD PAN Klaten, Darmadi, juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh warga Klaten atas kemenangan pasangan Prabowo-Gibran di Pilpres 2024. Dia berharap setelah sukses di Pilpres, koalisi bisa berlanjut sukses memenangi Pilkada Klaten.

Advertisement

Darmadi menjelaskan di internal KIM, ada tokoh yang berpotensi dan layak mengikuti proses seleksi mengisi kursi cabup maupun cawabup untuk diusung seperti Yoga Hardaya serta Ketua DPC Partai Gerindra Klaten, Hariyanto.

Namun, dia menjelaskan KIM tak menutup diri jika ada calon dari luar koalisi yang ingin ikut seleksi maupun parpol lain untuk bergabung dalam koalisi. “KIM siap untuk merebut kemenangan. KIM tetap berlanjut dan ke depan dari KIM tak menutup kemungkinan partai lain bergabung,” kata Darmadi.

Sekretaris Partai Demokrat Klaten, Handung Dwipayana, sepakat jika KIM berlanjut hingga Pilkada. Dia menilai koalisi yang berjalan mesra hingga saat ini bisa mendulang kesuksesan pada Pilkada 2024.

Advertisement

Hal senada disampaikan Ketua DPD PSI Klaten, Yusuf Andi Pratama. “Hampir setiap pekan kami kumpul terus. Koalisi kami masih mesra dan sering diskusi apalagi menyongsong Pilkada,” jelas Andi.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif