Asyik, Pakai Bus Trans Jawa Sehari Bisa Bolak-Balik Jakarta-Solo

Bus Trans Jawa milik PT Putera Mulya Sejahtera menunggu penumpang di Terminal Tirtonadi Solo, Kamis (14/2/2019. - Solopos/Bayu Jatmiko Adi
15 Februari 2019 11:40 WIB Bayu Jatmiko Adi Solo Share :

Solopos.com, SOLO - Pemberangkatan perdana bus Trans Jawa yang dioperasikan PT Putera Mulya Sejahtera, Kamis (14/2/2019), dimanfaatkan masyarakat untuk menjangkau kampung halaman dengan lebih cepat. Dalam sehari, mereka bisa melalui perjalanan Solo-Jakarta pergi pulang dengan bus yang melalui tol Trans-Jawa.

Seperti yang dilakukan Wiyono, warga Gemolong, Sragen. Pada Kamis malam, dia sudah sampai di Terminal Tirtonadi. Sekitar pukul 18.30 WIB dia duduk di kursi paling depan sisi kiri di deck atas bus Trans Jawa. Dia akan kembali Jakarta untuk bekerja dengan bus tersebut pada pukul 19.00 WIB.

Sebelumnya, pada Kamis pagi, dia naik pemberangkatan perdana bus Trans Jawa dari Pulo Gebang, Jakarta Timur, menuju Solo. "Berangkat sekitar pukul 08.00 WIB dari Pulo Gebang. Sampai Solo sekitar pukul 15.00 WIB. Nyenengkeh, jarak tempuhnya lebih singkat," tutur dia saat ditemui Solopos.com di Terminal Tirtonadi, Solo, Kamis.

Wiyono memilih moda transportasi bus karena lebih nyaman dan cepat karena bus ini melayani perjalanan Solo-Jakarta melalui jalan tol. Dia memang sengaja mencoba fasilitas transportasi tersebut. Dia mengaku dalam dua pekan bisa dua kali pergi pulang Jakarta-Solo. Jika menggunakan jalur non-tol bisa menghabiskan waktu 12 jam. Dengan bus yang khusus melewati tol, Solo-Jakarta pergi pulang bisa ditempuh hanya dalam sehari.

Saat Wiyono menceritakan pengalamannya, ada penumpang lain yang juga dari Gemolong, Riyan, menimpali. "Bisa lebih [12 jam waktu tempuh Solo-Jakarta]," kata dia. Dengan demikian, bus ini menghemat waktu lebih dari lima jam.

Berbeda dengan Wiyono, Riyan baru pertama kali naik bus Trans Jawa milik PT Putera Mulya Sejahtera. Dia juga belum tahu bus tersebut merupakan bus yang mengambil rute tol. "Saya justru belum tahu. Tapi yang jelas, saya mengejar waktu [agar sampai Jakarta lebih cepat]," kata dia.

Pada Kamis malam, bus Trans Jawa diberangkatkan untuk kali pertama dari Solo. Selain malam hari, bus double decker atau bus tingkat itu juga diberangkatkan pada pagi hari pukul 07.00 WIB dari Solo. Sedangkan untuk siang hari, bus jurusan Jakarta diberangkatkan dengan rute reguler.