Tiga Tingkatan Guru Menurut Usdianto

Usdianto, Kepala Sekolah Unggulan SMA CT Arsa Foundation Sukoharjo. - solopos.com / Suwarmin
16 Februari 2019 07:30 WIB Suwarmin Sukoharjo Share :

Solopos.com, SUKOHARJO - Bagi Kepala Sekolah Unggulan SMA CT Arsa Foundation Sukoharjo, Usdianto, kualifikasi seorang guru ada tiga tingkatan. Berbicara dalam sambutannya pada acara Character Building Workshop 2019 bertajuk Kreatif dan Etis di Media Sosial, belum lama ini, Usdianto menyebut guru yang mampu menjelaskan materi pelajaran yang diampunya dengan baik, hanyalah  termasuk guru yang biasa saja.

“Ya seorang guru ya harus mampu menjelaskan pelajaran yang diampunya dengan baik. Itu sudah lumrah. Itu namanya guru biasa,” kata Usdianto yang lama mengabdi sebagai Kepala Sekolah SMA Taruna Nusantara Magelang. Guru tingkatan kedua, lanjut dia, adalah guru pintar, yang bukan hanya mampu menjelaskan pelajaran namun juga melengkapi materi pelajaran dengan alat peraga yang tepat sehingga membuat siswa lebih faham.

“Sedangkan guru yang ketiga adalah guru yang luar biasa atau guru hebat. Yakni guru yang mampu menginspirasi siswa. Dia menguasai cara mengajar sesuai materi ajar dilengkapi dengan alat peraga yang sesuai, sekaligus mampu menginspirasi siswa menjelajahi dunia ilmu agar menjadi pribadi yang cerdas, inovatif dan berbudi luhur,” lanjut Usdianto yang asli Sukoharjo ini.

Menurut dia, guru hebat sangat diperlukan di era serba internet sekarang ini, mengingat siswa bisa menemukan berbagai sumber informasi keilmuan dari berbagai macam sumber.