Hari Tenang Pilkades Karanganyar, Semua APK Dicopot

Anggota tim sukses salah satu calon kepala desa di Papahan mencopot APK di Jl. Papahan, Karanganyar, Selasa (19/2/2019). (Solopos - Wahyu Prakoso)
19 Februari 2019 14:15 WIB Wahyu Prakoso Karanganyar Share :

Solopos.com, KARANGANYAR -- Tim sukses dan panitia pemilihan kepala desa (pilkades) di Karanganyar menertibkan alat peraga kampanye (APK) pada hari tenang satu hari sebelum pencoblosan, Selasa (19/2/2019). Penertiban APK berjalan lancar.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, tim sukses salah satu calon menertibkan APK di sepanjang Jl. Papahan, tepatnya sisi barat jalan Desa Papahan. Salah satu anggota tim sukses, Witono, mengaku bersama enam anggota tim lainnya menyisir jalan mulai pukul 06.30 WIB.

Dia mengatakan sudah mulai mencopot APK sejak pukul 00.00 WIB. Namun karena kendala cuaca, pencopotan APK dilanjutkan pada pagi harinya.

“Masa tenang sudah bersih dari APK, kami semua sudah sadar dengan aturan. Mudah-mudahan besok saat pemungutan suara berjalan lancar dan calon kami bisa mendapatkan suara terbanyak,” ujarnya kepada Solopos.com saat ditemui di lokasi.

Ketua Panitia Pilkades Papahan, Uun Santoso, mengatakan sudah mengingatkan ketiga calon kepala desa Papahan untuk menertibkan APK. “Kami sudah ingatkan dua kali, pada Senin [19/2/2019] pukul 23.00 WIB dan pagi ini. Kami juga menerjunkan 30 anggota Linmas dan panitia untuk menyisir wilayah Papahan untuk mencopot APK yang terlewat. Tim tersebut terbagi menjadi dua,” ujarnya kepada Solopos.com saat ditemui di kantor desa Papahan.

Uun mengatakan setelah pencopotan APK, panitia menata tempat pemungutan suara (TPS). Dia menjelaskan pada pukul 15.00 WIB dilakukan geladi bersih oleh seluruh panitia.

“Pukul 18.00 WIB kami akan berkunjung ke rumah masing-masing calon. Setelah itu pada pukul 22.00 WIB ada jam malam. Pada saat itu tidak ada pergerakan apa pun dari semua pihak,” katanya kepada Solopos.com.

Uun berharap pemungutan suara berjalan dengan lancar dan tertib. Sebanyak 5.501 masyarakat Papahan yang memiliki hak suara diminta datang ke TPS tepat waktu.

Pesta Demokrasi

Terpisah, Ketua Panitia Pilkades Kaling, Kecamatan Tasikmadu, Sahid Joko S., mengatakan pagi tadi, panitia Pilkades dibantu Linmas, Polsek, Babinsa, dan Kamtibmas sudah menyisir wilayah Desa Kaling untuk mencopot APK

“Kami berkumpul pukul 08.00 WIB, selesai pukul 11.30 WIB. Panitia mengamankan puluhan APK, semua APK kami amankan, ada petani yang minta untuk alat mencampur pupuk, kami berikan . APK kecil yang ditempel di tembok paling susah di lepas mas,” katanya kepada Solopos.com saat ditemui di kantor desa Kaling.

Ia mengaku sebelum hari tenang sudah memberikan tiga kali peringatan kepada tim sukses ketiga calon kepala desa untuk menertibkan APK. Namun, tidak semua APK dilepas oleh timses masing-masing calon.

Sahid berharap Pilkades tahun ini berjalan tertib dan lancar. Ia mengaku sudah mengingatkan kepada masing-masing pendukung Pilkades tujuannya memilih pemimpin untuk memajukan Desa Kaling.

“Siapa pun yang menang harus rendah hati. Yang kalah, harus legawa, kan pesta demokrasi seperti itu. Kami sudah sosialisasi keliling desa dengan mobil pada H-7 sebelum pemilihan. Saya berharap sebanyak 4.744 warga yang terdaftar pemilih tetap datang untuk menggunakan hak pilihnya,” katanya kepada Solopos.com.