Sukarelawan Lalu Lintas Wonogiri Dideklarasikan

Peserta Kejuaraan Open Milleneal Motorcross dan Garasstrack berpacu di Sirkuit Kolam Keceh, Kedungsono, Bulusulur, Wonogiri, Minggu (17/2/2109)./Istimewa - Polres Wonogiri
19 Februari 2019 10:44 WIB Cahyadi Kurniawan Wonogiri Share :

Solopos.com, WONOGIRI— Sukarelawan Lalu lintas Indonesia (Relasi) Wonogiri dikukuhkan dalam apel pengukuhan di Sirkuit Kolam Keceh, Kedungsono, Bulusulur, Wonogiri, Minggu (17/2/2019). Pada kesempatan yang sama, juga digelar Kejuaraan Open Milleneal Motorcross dan Garasstrack untuk 10 kategori.

Relasi dikukuhkan oleh Wakil Bupati Wonogiri, Edy Santosa. Edy dalam sambutannya mengatakan pemanfaatan jalan raya dan kemudahan transportasi kerap mengabaikan aspek keselamatan di jalan yang menjadi fasilitas bersama. Persoalan keselamatan ini harus menjadi tanggung jawab bersama semua unsur terkait.

“Keselamatan di jalan bisa tercapai manakala setiap unsur yang terlibat memenuhi tugas dan kewajibannya dengan baik. Kepolisian melalui unit-unitnya mengawasi implementasi regulasi di lapangan serta penindakan demi tercipta lalu lintas yang tertib dan lancar,” kata dia, kepada Espos, sebagaimana tertulis dalam rilis yang dikirim Polres Wonogiri, Minggu (17/2).

Edy menjelaskan saat semua unsur perangkat negara sudah melaksanakan tugas dengan baik, ada faktor yang turut menentukan yakni sikap, karakter, dan perilaku berlalu lintas pengguna jalan. Sikap mengedepankan kepentingan dan keselamatan pemakai jalan harus dipahami bersama. Selain itu, pemahaman itu harus dinanamkan kepada generasi milenial agar mengedepankan kepentingan keselamatan pengguna jalan.

“Kepada jajaran Polres Wonogiri, saya ucapkan selamat atas terselenggaranya kegiatan ini. Semoga penerapan dapat meningkatkan kesadaran pengguna jalan utamanya kaum milenial untuk menggugah kesadaran berlalu lintas,” harap Edy.

Paur Subbag Humas Polres Wonogiri, Aipda Iwan Sumarsono, mewakili Kapolres Wonogiri, AKBP Uri Nartanti Istiwidayati, menerangkan di sela-sela pengukuhan Relasi, juga digelar Kejuaraan Open Millenial Motorcross dan Garasstrack untuk 10 kategori. Kategori itu meliputi race I kelas bebek standar pemula, race II moto 1 SE 50 cc, race III kelas trail bahagia milenia 40 tahun ke bawah, race IV moto 1 SE 65 cc, serta race V kelas bebek standar pemula lokal Surakarta.

Selain itu, masih ada kategori race VI kelas trabas NPA lokal Surakarta, race VII kelas FFA lokal Wonogiri, race VIII moto 1 SE 85 cc, race IX kelas trail bahagia 40 tahun ke atas, dan race X kelas FFA pemula lokal Surakarta.