Gedung Auditorium UNS Solo Dinamai GPH Haryo Mataram, Ini Penjelasan Rektor

Gedung Auditorium UNS Solo. (Solopos - Dok)
20 Februari 2019 14:15 WIB Tamara Geraldine Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Gusti Pangeran Haryo (G.P.H.) Haryo Mataram diabadikan menjadi nama Gedung Auditorium Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo.

Rektor UNS Solo, Ravik Karsidi, meresmikan pemberian nama itu, Rabu (20/2/2019). “Pemberian nama G.P.H. Haryo Mataram menjadi nama gedung Auditorium UNS karena beliau merupakan salah satu tokoh sejarah yang berjasa bagi UNS. G.P.H. Haryo Mataram adalah rektor pertama UNS,” ujarnya kepada wartawan di lobi Auditorium UNS saat peresmian nama auditorium, Rabu.

Ravik bercerita G.P.H. Haryo Mataram pernah menjabat sebagai Rektor UNS pada periode 1976-1977. Selama setahun bertugas, kiprah Haryo Mataram di antaranya keberhasilan mengonsolidasikan fakultas dan universitas lama dengan pejabat eks Universitas Gabungan Solo (UGS) seperti Fakultas Kedokteran dengan PTPN dan Fakultas Pertanian dengan pejabat Universitas Nasional Saraswati karena masing-masing fakultas ini masih bertempat di tempat lama.

“Pemberian nama ini juga dilakukan semata-mata untuk memberikan penghormatan kepada para pendahulu yang secara sah merupakan bagian dari sejarah UNS,” ujar Ravik.

Ravik berharap agar generasi mendatang tidak akan kepaten obor (istilah bahasa Jawa yang artinya kehilangan jejak sejarah) yang berakibat generasi UNS buta terhadap sejarahnya sendiri.

“Kalau kelak UNS dikelola siapa saja yang tidak paham terhadap sejarah UNS akan susah mencari kebanggaan pada dirinya sendiri karena buta sejarah. Kalau tidak punya kebanggaan diri bagaimana kita bisa melaksanakan kewajiban membawa UNS ke arah yang lebih baik," ujarnya.