2 Perempuan Tepergok Curi 45 Gram Emas di The Park Mall Solo Baru

Ilustrasi pencurian. (Solopos/Whisnu Paksa)
20 Februari 2019 17:35 WIB R Bony Eko Wicaksono Sukoharjo Share :

Solopos.com, SUKOHARJO -- Polisi meringkus dua pelaku pengutil gelang emas seberat 45 gram milik Toko Mas Semar Nusantara di The Park Mal, Solo Baru, Sukoharjo, Selasa (19/2/2019) sekitar pukul 15.00 WIB.

Aksi kejahatan dua perempuan itu terekam kamera closed circuit television (CCTV) yang dipasang di toko mas itu. Informasi yang dihimpun Solopos.com, Rabu (20/2/2019), kedua pelaku masing-masing bernama Shinta Rengu, warga Kecamatan Walakaka, Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Riana, warga Kecamatan Sedayu, Gresik, Jawa Timur.

Mereka mendatangi Toko Mas Semar Nusantara di The Park Mall, Selasa, dan berpura-pura ingin membeli perhiasan emas yang dipajang di etalase kaca. Riana meminta karyawan toko mengambil satu set gelang emas.

Dia sempat mencoba gelang emas itu di tangannya. Kala itu, kondisi toko cukup ramai pembeli. Saat karyawan toko lengah, Riana membawa kabur satu set gelang emas dan bergegas menuju pintu keluar mal.

“Aksi pencurian itu dipergoki pembeli yang juga tengah melihat-lihat perhiasan emas. Saat itu, kedua tersangka masih berada di area mal,” kata Kapolsek Grogol, AKP Didik Noertjahjo, mewakili Kapolres Sukoharjo, AKBP Iwan Saktiadi, saat berbincang dengan Solopos.com, Rabu.

Karyawan toko langsung menghubungi petugas keamanan mal agar menangkap kedua pelaku. Mereka ditangkap saat berjalan kaki menuju pintu keluar mal. Kedua pelaku lantas diinterogasi petugas keamanan di pos satpam.

Saat itu, mereka tak mengaku mencuri gelang emas di Toko Mas Semar Nusantara. Petugas keamanan mal sempat menggeledah saku celana dan baju kedua tersangka. Namun, mereka tak menemukan gelang emas yang dibawa pelaku.

“Lantaran tak ada bukti, petugas keamanan melepas kedua tersangka itu. Mereka lantas kabur dengan berjalan kaki menuju Simpang Tiga Puskesmas Grogol,” ujar dia.

Petugas keamanan mal lantas memutar rekaman kamera CCTV yang dipasang di toko mas. Aksi pencurian gelang emas itu terekam jelas di kamera CCTV. Mereka langsung melaporkan kejadian itu ke Polsek Grogol.

Polisi langsung mengejar kedua tersangka hingga sekitar Puskesmas Grogol. Mereka langsung menangkap kedua perempuan itu di sekitar puskesmas. “Saat diinterogasi petugas keamanan mal, Riana ternyata menyelipkan gelang emas di kotak loker kantor satpam [sehingga tidak ada bukti].”

Barang bukti yang diamankan dari tangan pelaku berupa tiga gelang emas seberat 45 gram senilai lebih dari Rp20 juta. Kedua tersangka dijerat pasal 362 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman paling lama lima tahun.