4 Petahana Tumbang di Pilkades Serentak Colomadu Karanganyar

Kepala Desa Paulan terpilih, Joko Margono berjalan keliling desa setelah memenangi Pilkades Paulan, Colomadu, Karanganyar, Rabu (20/2/2019) petang. (Solopos - Iskandar)
20 Februari 2019 20:35 WIB Iskandar Karanganyar Share :

Solopos.com, KARANGANYAR -- Empat calon kepala desa (kades) petahana tumbang di pemilihan kepala desa (pilkades) serentak Kecamatan Colomadu, Karanganyar, Rabu (20/2/2019).

Mereka adalah Kades Bolon Muhadi, Kades Tohudan Daryoko, Kades Gajahan Hermanto, dan Kades Baturan Suseno. “Berdasar laporan yang kami terima hingga petang ini ada empat cakades petahana yang gagal memenangi pilkades. Kami harap mereka legawa dengan hasil tersebut,” ujar Kasi Pemerintahan Kecamatan Colomadu, Joko Purnomo, ketika ditemui wartawan di sela-sela memantau hasil pilkades di Kantor Kecamatan Colomadu, Rabu (20/2/2019).

Dari 11 desa di Colomadu sembilan desa di antaranya menggelar pilkades. Desa yang menggelar pilkades masing-masing Ngasem, Bolon, Paulan, Malangjiwan, Gawanan, Gajahan, Tohudan, Gedongan, dan Baturan.

Sedangkan petahana yang dipastikan melanjutkan jabatan yakni Murdiyanto dari Gawanan, Tri Wiyono dari Gedongan, Parjoko dari Malangjiwan, dan Joko Margono dari Paulan.

Sementara itu, kemenangan Joko Margono di Paulan disambut sukacita para pendukungnya. Joko yang berhasil menyingkirkan dua pesaingnya yaitu Tony Listianto dan Haryadi Joko W. langsung diarak keliling desa dengan jalan kaki oleh puluhan pendukungnya.

Mereka terdiri atas anak-anak sampai orang dewasa. Mereka ada yang berjalan kaki, naik sepeda onthel, naik mobil dan naik kendaraan roda dua. “Saya tadi menuruti kemauan teman-teman yang telah mendukung dalam pilkades. Karena itu saya juga menurut keinginan mereka dan sekaligus saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga. Karena kemenangan ini untuk seluruh warga Paulan,” ujar dia di sela-sela menerima tamu di kediamannya seusai keliling desa.

Salah seorang warga Paulan, Riyadi, mengaku terharu atas kemenangan Joko karena perolehan suaranya bersaing ketat dengan cakades peringkat kedua, Tony Listianto.

“Pak Joko mendapat 781 suara, sedangkan Pak Tony mendapat 666 suara. Tadi benar-benar menegangkan karena selisih perolehan suara kedua calon tak terlalu banyak,” kata dia seusai memberi ucapan selamat kepada Joko.

Berikut daftar pemenang pilkades serentak di Kecamatan Colomadu:
1. Paulan: Joko Margono
2. Baturan: Panut Panudiyoko
3. Gawanan: Murdiyanto
4. Bolon: Mulyanto
5. Malangjiwan: Parjoko
6. Gajahan: Lilis Nuryanti
7. Ngasem: Jombor Setiawan
8. Tohudan: Agus Sumantri
9. Gedongan: Tri Wiyono