4 Rumah Rusak Diterjang Puting Beliung di Purwantoro Wonogiri

Rumah roboh akibat diterjang puting beliung disertai hujan deras di Dusun Talesan, RT 004/RW 002, Desa Talesan, Kecamatan Purwantoro, Wonogiri, Rabu (20/2/2019). (Istimewa - BPBD Wonogiri)
21 Februari 2019 17:15 WIB Cahyadi Kurniawan Wonogiri Share :

Solopos.com, WONOGIRI -- Empat rumah di Desa Talesan, Kecamatan Purwantoro, Wonogiri, rusak diterjang puting beliung disertai hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, Rabu (20/2/2019). Kerugian akibat bencana itu ditaksir jutaan rupiah.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, puting beliung disertai hujan deras terjadi pada pukul 17.00 WIB. Akibatnya, satu rumah rusak tertimpa pohon tumbang. Sedangkan tiga rumah lainnya rusak karena atapnya diterjang angin kencang.

Rumah yang tertimpa pohon tumbang itu milik Kartomo, warga Dusun Talesan, RT 004/RW 002, Desa Talesan, Purwantoro. Tiga rumah lainnya adalah tetangga Kartomo, yakni Gimin, Tarman, dan Katimin.

Kerusakan itu ditaksir mengakibatkan kerugian senilai Rp18 juta. “Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Namun, keluarga Kartomo untuk sementara mengungsi ke tempat saudara,” kata Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonogiri, Bambang Haryanto, kepada Solopos.com, Kamis (21/2/2019).

Hujan deras yang terjadi pada waktu yang sama juga mengakibatkan banjir di Dusun Wates Wetan RT 002/RW 006, Desa Bangsri, Purwantoro. Hujan itu memicu aliran sungai meluap lalu menggenangi permukiman.

Empat rumah warga tergenang dengan ketinggian antara 30 sentimeter (cm) hingga 40 cm. “Tidak ada korban jiwa dan kini air sudah surut,” imbuh Bambang.

Tak hanya itu, banjir juga terjadi di Dusun Bonggi, RT 003/RW 006, Desa Gambiranom, Kismantoro. Di dusun itu sebanyak delapan rumah terendam banjir. Banjir juga terjadi di Dusin Setren Tinasat RT 001/RW 007, Kelurahan Gesing, Kismantoro, yang mengakibatkan empat rumah tergenang.

“Kondisi sama, tidak ada korban jiwa dan air sudah surut. BPBD Wonogiri juga berada di lokasi untuk membantu pemulihan dampak yang ditimbulkan dari banjir,” terang Bambang.