Solopos Hari Ini: Tangan Kuat Penguasa Lahan

Harian Umum Solopos edisi Selasa (26/2 - 2019).
26 Februari 2019 10:30 WIB Ginanjar Saputra Solo Share :

Solopos.com, SOLO — Isu penguasaan lahan menyeruak di tengah hiruk-pikuk kampanye Pilpres 2019. Aktor politik dari dua kubu capres-cawapres sama-sama menguasai lahan untuk kepentingan perkebunan hingga pertambangan. Isu penguasaan lahan kali pertama mencuat dalam debat capres, Minggu (17/2/2019).

Isu ini kembali dilempar capres petahana Joko Widodo (Jokowi) saat menyampaikan pidato di acara Konvensi Rakyat di Sentul, Bogor, Jawa Barat, Minggu (24/2/2019). Politikus PDIP Pramono Anung menyatakan pernyataan Jokowi terkait pengembalian lahan konsesi berukuran besar kepada negara ditujukan untuk seluruh masyarakat yang memilikinya.

Ulasan mengenai pengiasaan lahan dari dua kubu capres-cawapres itu menjadi headline pada Harian Umum Solopos edisi hari ini, Selasa (26/2/2019). Berita tersebut bisa disimak secara lengkap di E-Paper Solopos.

Selain itu, di halaman utama Harian Umum Solopos edisi hari ini juga ada preview laga final Piala AFF U-22 2019. Indonesia akan menghadapi Thailand pada laga tersebut.

Bukan Misi Mustahil

Indra Sjafri tentu berpikir keras dalam meracik formula untuk meredam Thailand. Ya, Timnas Indonesia akan menghadapi salah satu musuh bebuyutan mereka, Timnas Thailand, di laga pamungkas (final) Piala AFF U-22 2019 di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (26/2/2019) pukul 18.30 WIB (disiarkan langsung RCTI).

Saat membesut Timnas Indonesia U-19, Indra sudah empat kali berjumpa Thailand. Dua laga berhasil dia menangi sedangkan dua laga lainnya berakhir dengan kekalahan.

Baca selengkapnya di: E-Paper Solopos.

Sedangkan di halaman Soloraya, ada kabar penundaan pembukaan skybridge yang menghubungkan Terminal Tirtonadi dan Stasiun Balapan. Ada pula kabar mengenai drama musikal di Klaten.

Pagar Belum Siap, Pembukaan Ditunda

Rencana pembukaan skybridge yang menghubungkan Terminal Tirtonadi dan Stasiun Balapan untuk masyarakat umum mundur dari rencana sebelumnya pada Senin (25/2/2019). Pembangunan pagar pembatas antara masyarakat umum dan penumpang kereta api di Stasiun Balapan masih belum tuntas.

Namun, diperkirakan dalam pekan ini seluruh persiapan teknis dan fisik telah selesai dilaksanakan. Koordinator Terminal Tipe A Tirtonadi, Joko Sutriyanto, saat ditemui Espos di ruang kerjanya, Senin (25/2/2019) mengatakan rencana pembukaan masih menunggu kesiapan 100 persen dari Stasiun Balapan.

Baca secara lengkap di: E-Paper Solopos.

Drama Musikal Gandeng Seniman Terkenal

Meriah dan mengesankan. Begitu kesan yang didapat setelah menyaksikan drama musikal The Lion King Circle of Life yang ditampilkan ratusan siswa Sekolah Krista Gracia, Klaten, akhir pekan lalu.

Kesan kuat didapat dari orkestra yang mengiringi sajian drama dan penggunaan efek khusus video mapping. Tidak main-main, dua seniman terkenal ikut memberikan sentuhan dalam drama musikal ini yaitu komposer Singgih Sanjaya dan seniman teater Bondan Nusantara.

Simak selengkapnya di: E-Paper Solopos.