Pemkot Solo Perbaiki Kerusakan Jalan Merpati Barat Edupark UMS

Petugas dari Dinas PUPR Solo mulai menambal lubang di Jl. Merpati barat Edupark UMS, Rabu (27/2/2019). (Solopos - Ratih Kartika)
27 Februari 2019 20:35 WIB Ratih Kartika Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Solo mulai menambal Jl. Merpati sebelah barat Edupark Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Penambalan dilakukan sejak Rabu (27/2/2019) di bagian jalan yang masuk wilayah Solo.

Kasi Jalan dan Jembatan Bidang Bina Marga Dinas PUPR Solo, Joko Supriyanto, mengatakan Jl. Merpati (versi lain menyebutnya Jl. Garuda Mas) yang berada di Kelurahan Karangasem dalam proses penambalan sejak Rabu. Penambalan belum bisa dipastikan kapan akan selesai karena masih dalam tahap awal.

Jalan yang ditambal dari depan Hotel Ken Dedes sampai Simpang Tiga Gonilan. "Tim kami mencoba memperbaiki dengan menambal menggunakan pasir dan kerikil. Yang berlubang ditambal, minimal tidak ada lubang," jelas Supriyanto ketika ditemui Solopos.com di ruangannya.

Panjang jalan yang ditambal oleh Dinas PUPR Solo sepanjang hampir 600 meter. Mengenai jalan di wilayah Sukoharjo dan Karanganyar menjadi kewenangan pemerintah kabupaten (pemkab) setempat.

"Semoga setelah ditambal tidak berlubang lagi dan masyarakat tidak ada yang terjatuh di wilayah itu karena berlubang. Sekarang kan musim penghujan, kalau ada genangan di jalan berlubang kan bahaya," kata Supriyanto.

Jalan tersebut juga akan dimasukkan dalam jalan yang dianggarkan untuk mendapatkan perbaikan dari Provinsi Jawa Tengah melalui mekanisme bantuan keuangan provinsi. Jalan tersebut akan masuk di pelayanan peningkatan yang kemudian diusulkan di bantuan provinsi pada 2020.

"Kalau nanti uangnya sisa setelah turun ya buat benerin di jalan yang di Kabupaten Karanganyar. Kasihan juga masyarakat kalau hanya jalan yang di Solo yang diperbaiki," papar Supriyanto.

Sehari sebelumnya, Bagian Maintenance Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) juga menguruk jalan-jalan berlubang di dekat Fakultas Kedokteran. Seorang pekerja, Siswadi, menjelaskan penambalan dilakukan dengan material pasir dan kerikil.

Penambalan dilakukan karena jalan yang berlubang sudah sangat dalam dan sering terjadi kecelakaan di jalan tersebut. "Sejak kemarin kami juga sudah menguruk jalan dari pagi sampai sore. Biar tidak ada yang jatuh lagi. Transportasi juga bisa berjalan dengan lancar," jelas Siswadi ketika berbincang dengan Solopos.com di depan Kampus 4, Fakultas Kedokteran UMS, Rabu.