Sasar Mahasiswa, SPBU di Pedaringan Solo akan Dilengkapi Kafe

Desain ruang terbuka lengkap dengan wahana skate park di lahan eks SPBU Jebres, Solo. (Istimewa)
28 Februari 2019 07:40 WIB Mariyana Ricky Prihatina Dewi Solo Share :

Solopos.com, SOLO—Pemkot Solo menggagas pembangunan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Pedaringan, Jebres, yang dilengkapi kafe. Yang disasar mahasiswa.

Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, meminta SPBU itu dilengkapi kafe sebagai pendukung lokasinya di belakang kampus UNS dan ISI Solo.

“DED [detail engineering design] sudah diajukan, hanya ada beberapa revisi salah satunya tata ruang bangunan biar lebih menarik. Ada kafe terbuka untuk menunggu, ngopi-ngopi di situ, yang penting ada perbedaan dibandingkan SPBU yang lain,” kata dia kepada wartawan, Rabu (27/2/2019).

Rudy, sapaan akrabnya, menargetkan SPBU itu rampung dibangun Oktober mendatang. Proyek tersebut dibangun dengan anggaran Rp12 miliar menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

Perinciannya APBD 2019 senilai Rp11 miliar dan Rp1 miliar berasal dari APBD Perubahan.

Direktur Utama Perumda Pergudangan dan Aneka Usaha Pedaringan Kota Solo, Chriswanto Tri Santoso, menyebut revisi DED tak hanya menambah kafe, tapi juga musala yang terpisah dari bangunan induk. DED tersebut melengkapi 19 jenis izin dari Pertamina yang dikantongi sebelumnya. Jika diterima, Pertamina akan mengeluarkan izin bangun. Baru setelah itu proses lelang dilakukan melalui Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE).

“Kami akan minta nomor SIRUP [sistem informasi rencana umum pengadaan] ke Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah [LKPP] untuk membuka lelang yang targetnya dimulai Maret,” kata dia dijumpai terpisah, Rabu.

Chriswanto mengatakan SPBU Pedaringan akan menyediakan tujuh jenis bahan bakar melalui empat dispenser. Berdasarkan kajian, setidaknya kawasan itu membutuhkan pasokan 25 kiloliter per hari untuk setiap jenis bahan bakar. “Kapasitas tangki pendamnya mulai 15 kiloliter, 20 kiloliter, dan 25 kiloliter. Yang paling besar kemungkinan untuk pertalite,” jelas dia.

Selain SPBU, Pemkot juga berencana membangun gedung pertemuan di kawasan tersebut. Harapannya, Kawasan Pedaringan bisa menjadi central business district (CBD).