Tiket KA Lokal Kini Bisa Dipesan Online Via KAI Access

Stasiun Solo Balapan (Solopos/Dok)
01 Maret 2019 18:15 WIB Farida Trisnaningtyas Solo Share :

Solopos.com, SOLO — PT Kereta Api Indonesia (Persero) membuka akses pemesanan tiket semua KA lokal melalui aplikasi KAI Access dengan metode pembayaran menggunakan LinkAja mulai 1 Maret 2019.

Adapun tiket KA lokal yang dapat dibeli di KAI Access di lingkup PT KAI Daerah Operasi (Daops) VI Yogyakarta, yakni KA Kalijaga, KA Batara Kresna, KA Solo Ekspres, dan KA Sidomukti.

Manajer Humas PT KAI Daops VI Yogyakarta, Eko Budiyanto, mengatakan pembelian tiket KA Lokal melalui KAI Access dilakukan pada menu Local Train. Sedangkan untuk periode pembelian tiket KA lokal melalui KAI Access ini mengikuti aturan yang berlaku sesuai masing-masing KA, yakni ada KA yang bisa dipesan H-7 (tujuh hari sebelum keberangkatan) dan ada pula yang hanya bisa dipesan pada hari H (Go Show).

“Di Daops VI Yogyakarta, KA Kalijaga rute Solo Balapan-Semarang Poncol, pemesanan bisa dilakukan H-30. Sementara KA Batara Kresna rute Purwosari-Wonogiri dibeli Go Show, KA Solo Ekspres rute Solo Balapan -Yogyakarta-Kutoarjo bisa dipesan pada H-7, dan KA Sidomukti rute Solo Balapan – Yogyakarta pada H-7,” ujarnya kepada solopos.com, Jumat (1/3/2019).

Eko menjelaskan pembelian tiket KA lokal melalui KAI Access berlaku satu identitas penumpang hanya untuk satu relasi/rute KA pada hari yang sama.

Nantinya penumpang yang membeli tiket KA Lokal di KAI Access, cukup menunjukkan kartu identitas asli sesuai nama pada tiket dan E-Boarding Pass saat melakukan boarding untuk naik KA. Tiket KA lokal yang dibeli di KAI Access hanya dapat dibatalkan dan diubah jadwalnya melalui loket stasiun.

Pemesanan tiket KA via KAI Access ini metode pembayarannya dengan LinkAja. Penumpang cukup menginstal aplikasi LinkAja pada smartphone Android dan Ios lalu melakukan registrasi dan top up saldo, kemudian dapat langsung melakukan transaksi.

“LinkAja dapat digunakan untuk pembayaran KA jarak jauh dan KA lokal melalui aplikasi KAI Access, bisa juga dipakai pembayaran KA jarak jauh untuk pembelian di web KAI, www.kai.id, untuk pembayaran di loket go show dan reservasi KA jarak jauh,” imbuhnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro, mengatakan layanan ini sebagai respons tingginya animo masyarakat terhadap moda transportasi KA lokal. Sebelumnya, penumpang masih harus mengantre panjang hanya untuk membeli tiket KA lokal.

“Kini calon penumpang semakin mudah untuk memesan tiket KA lokal hanya dengan melalui smartphone mereka di mana saja dan kapan saja,” katanya.