Selamat! 395 CPNS Kabupaten Sukoharjo Terima SK Pengangkatan

Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya (kiri) menyerahkan surat keputusan (SK) pengangkatan kepada perwakilan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi 2018 di Pendapa Graha Satya Praja (GSP), Rabu (27/2/2019). (Solopos-Istimewa - Humas Pemkab Sukoharjo)
02 Maret 2019 04:00 WIB R Bony Eko Wicaksono Sukoharjo Share :

Solopos.com, SUKOHARJO –Sebanyak 395 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang lolos seleksi rekrutmen 2018 menerima surat keputusan (SK) pengangkatan, Rabu (27/2/2019). Mereka telah melengkapi berkas kepegawaian dan memiliki Nomor Induk Kepegawaian (NIK) yang diterbitkan Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Ratusan CPNS itu berkumpul di Pendapa Graha Satya Praja (GSP) di komplek Gedung Setda Sukoharjo. Mereka memakai baju warna putih dan celana warna hitam. Prosesi pemberian SK pengangkatan dilakukan langsung oleh Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya.

Wardoyo meminta agar para CPNS menjalankan tugas secara profesional dan ikhlas. Mereka terpilih setelah menyisihkan ribuan pelamar lainnya dalam rekrutmen CPNS pada tahun lalu. Karena itu, para CPNS dituntut bekerja keras dan mampu mengaplikasikan ilmu maupun keterampilannya untuk melayani masyarakat. “Saya mengucapkan selamat kepada para CPNS yang telah menerima SK pengangkatan. Para CPNS harus bersyukur karena terpilih dari para pelamar lainnya,” kata dia, Rabu.

Sesuai UU No. 5/2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) menyebutkan PNS merupakan profesi yang harus dijalankan maksimal. Mereka harus mengabdi dan memberikan pelayanan terhadap masyarakat. Karena itu, setiap PNS dituntut mampu bekerja individu maupun tim saat menjalankan tugas setiap hari.

Wardoyo juga berharap para CPNS bisa cepat beradaptasi dengan lingkungan kerja. “Aparatur sipil negara [ASN] mengemban amanah rakyat sehingga harus bekerja semaksimal mungkin dalam melayani masyarakat,” ujar dia.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Sukoharjo, Joko Triyono, mengatakan Pemkab Sukoharjo membuka lowongan CPNS sebanyak 407 formasi pada 2018. Dalam proses rekrutmen CPNS itu hanya terisi 395 formasi. Perinciannya, jumlah pelamar umum sebanyak 388 orang yang terdiri dari tenaga guru 304 orang, tenaga kesehatan 57 orang, dan tenaga teknis 27 orang.

Selain itu, ada pelamar tenaga honorer kategori II sebanyak tujuh orang. “NIK sudah diterbitkan BKN pada beberapa waktu lalu. Mereka menerima SK pengangkatan setelah penerbitan NIK,” kata dia.