Pengelola BST Solo Peringatkan Kondektur Merokok

Unit bus terbaru BST yang digunakan di koridor satu Solo mulai pekan lalu. (Solopos - Candra Mantovani)
03 Maret 2019 09:30 WIB Ichsan Kholif Rahman Solo Share :

Solopos.com, SOLO — Salah seorang warga mengeluhkan perilaku salah seorang kondektur Bus Batik Solo Trans (BST) yang kedapatan merokok saat bertugas.

PT Bengawan Solo Trans (PT BST) selaku pengelola BST memberi peringatan tegas kepada kondektur yang menjalankan tugas tidak sesuai standar operasional.

Warga yang mengeluhkan kejadian itu, Suluh Widyotomo, saat dihubungi, Sabtu (2/3/2019) mengaku menemukan perilaku kurang baik kondektur pada Kamis (28/2/2019) sekitar pukul 13.40 WIB.

“Saya naik dari Halte DKT Gendengan menuju ke Kartasura naik BST koridor satu. Pelat nomor bus saya laporkan ke Dinas Perhubungan Kota Solo,” ujarnya.

Suluh sempat mem-posting kejadian tersebut di media sosialnya dan kini kejadian itu cukup viral.

Kabid Angkutan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo, M. Taufiq, mengatakan segera menindaklanjuti laporan yang diterima dari warga itu.

Menurutnya, kondektur bersangkutan telah diberikan sanksi dari PT BST. Menurutnya, hal seperti itu dapat menerima sanksi berupa teguran hingga pemecatan.

Direktur PT BST Siti Faridah, mengatakan kejadian itu dilakukan oleh karyawannya yang bertugas di koridor satu. Menurutnya, saat ini koridor satu masih dalam masa transisi dan karyawan masih terbilang baru di BST.

“Kru tersebut telah dalam pengawasan manajemen kami untuk selalu dididik. Kalau kru masih baru hanya kami nasihati atau peringatkan dahulu namun apabila diulangi akan ada surat peringatan pertama hingga ketiga,” ujarnya.

Ia menambahkan apabila petugas masih tidak dapat bekerja sesuai standar operasional diminta untuk mengundurkan diri.