Buka 24 Jam, Skybridge Tirtonadi-Solo Balapan Dipasangi Kamera CCTV

Warga melintasi skybride yang menghubungkan Stasiun Solo Balapan-Terminal Tirtonadi di Gilingan, Banjarsari, Solo, Jumat (18/1 - 2019). (Solopos/Nicolous Irawan)
05 Maret 2019 21:40 WIB Ichsan Kholif Rahman Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Fasilitas skybridge yang menghubungkan Terminal Tirtonadi dengan Stasiun Balapan, Solo, kini telah dilengkapi dua kamera pengawas atau closed circuit television (CCTV).

Hal itu sebagai upaya meningkatkan keamanan jembatan penyeberangan iyang telah dibuka selama 24 jam dan dapat dinikmati oleh masyarakat umum itu. Koordinator Terminal Tipe A Tirtonadi, Joko Sutriyanto, saat ditemui Solopos.com di Terminal Tirtonadi, Selasa (5/3/2019), mengatakan kamera pengawas dipasang di dua sudut skybrigde dengan jarak pandang yang panjang.

Dia mengakui dua kamera pengawas itu masih kurang memadai. “Pemasangan dua kamera pengawas tidak melonggarkan pengamanan yang dilakukan petugas terminal. Justru kami lakukan peningkatan dengan tiga orang anggota setiap sif yang terbagi dalam tiga sif selama 24 jam,” ujarnya.

Kamera pengawas akan terkoneksi dengan monitor di pos pengamanan Terminal Tirtonadi. Ia menambahkan keberadaan perlintasan sepanjang 470 meter itu dijaga oleh petugas patroli sepeda setiap lima menit.

Hal yang sama dilakukan petugas keamanan Stasiun Solo Balapan yang berpatroli dari stasiun ke terminal. Menurutnya, patroli itu juga sebagai salah satu upaya silaturahmi antarpetugas terminal dan stasiun.

Ia mengatakan 20 lampu penerangan juga sudah ditambahkan sepanjang skybridge. Menurutnya, pemasangan lampu itu akan membuat kesan skybridge menjadi seperti akuarium apabila dilihat dari luar.

Nantinya, hal itu akan menarik masyarakat untuk menggunakan fasilitas apalagi jika sudah dilengkapi kafe. Ia menambahkan sebelum dibuka selama 24 jam pelintas skybridge hanya 100 hingga 200 orang.

Namun, saat ini terjadi peningkatan hingga tiga kali lipat baik menuju terminal maupun stasiun. ia mengaku beberapa kali juga ditemukan pengunjung yang sekadar berswafoto atau ingin tahu skybridge.

Ia memperkirakan jumlah itu dapat berlipat lagi ketika musim Lebaran sehingga perlu persiapan khusus seperti penambahan petugas keamanan. Tidak menutup kemungkinan, selama musim Lebaran akan diberi tambahan kamera pengawas untuk mengakomodasi seluruh sisi skybridge.

Troli yang saat ini hanya ada empat akan ditambah karena saat Lebaran barang bawaan warga cukup banyak. Kepala Stasiun Balapan, Suharyanto, mengatakan telah memasang kamera pengawas di skybridge.

Menurutnya, saat ini sebelas lokasi di kawasan stasiun telah terpasang kamera pengawas untuk menunjang kemanan.