Para Siswa di Solo Berburu Buku Latihan Soal UNBK

Suasana Ujian Nasional berbasis komputer (UNBK). (M. Ferri Setiawan )
08 Maret 2019 17:07 WIB Tamara Geraldine Solo Share :

Solopos.com, SOLO — Buku-buku latihan soal Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang ditawarkan di belakang Sriwedari Solo laris diburu para siswa.

Setiap kios buku di belakang Sriwedari selalu menawarkan buku soal tes UNBK dari jenjang SD hingga SMA pada bagian depan. Tujuannya menarik pembeli yang lewat.

Seperti di kios 46. Pedagang buku di kios itu, Tri Rahayu, menyebut penjualan buku soal tes UNBK meningkat. Dalam sehari dia bisa menjual 10 buku hingga 23 buku.

Dari beragam jenis buku soal tes UNBK, harga paling murah adalah Rp80.000 sementara yang termahal Rp120.000. Dia sempat kehabisan stok buku. “Buku yang laris pekan ini adalah buku mengenai tes UNBK. Kios saya sempat kehabisan buku tes UNBK jenjang SMA. Untuk menyetok buku butuh waktu yang lama,” ujar Tri Rahayu saat ditemui Solopos.com di kios 46 belakang Sriwedari, Kamis (7/3/2019).

Sejak Januari permintaan buku tes UNBK meningkat. “Mulai Januari paling banyak penjualan buku UNBK dari berbagai jenjang dibandingkan buku lain. Mungkin karena mendekati tes sehingga siswa mempersiapkan diri untuk UNBK,” ujar dia.

Siswa Kelas XII SMAN 5 Solo, Dita Gumawa, mengaku mencari buku bank soal hingga kisi-kisi soal UNBK. Dengan alasan itu dia mendatangi kawasan kios buku Sriwedari. Bahkan dia membeli buku tes berbagai versi.

“Mendekati tes saya membeli berbagai versi buku tes UNBK,” ujarnya. Nilai UNBK menjadi pertimbangan masuk perguruan tinggi dan melamar pekerjaan. Oleh sebab itu dia harus mempelajari segala strategi agar tidak kaget menghadapi soal.

“Saya mempersiapkan diri saja karena tesnya berbagai macam soal HOTS [Higher Order Thinking Skills]. Memang sekolah setiap hari selalu menggembleng siswa untuk mengerjakan soal HOTS. Tapi, latihan di sekolah tidak cukup. Untuk itu saya imbangi dengan berlatih soal dengan berbagai macam tipe,” ujar dia.