Solopos Hari Ini: Banjir & Longsor Belum Berlalu

Solopos Sabtu 9 Maret 2019
09 Maret 2019 10:10 WIB Septina Arifiani Solo Share :

Solopos.com, SOLO - Banjir dan longsor yang melanda sejumlah wilayah di Indonesia belum berlalu. Di beberapa daerah, banjir sudah surut, namun di daerah lain banjir masih menggenang.

Banjir di Kabupaten Madiun, Jawa Timur, yang menjadi wilayah terparah mulai surut, Jumat (8/3). Namun, air banjir yang sebagian merupakan luapan Bengawan Solo kemudian bergerak menuju wilayah hilir seperti Lamongan dan Bojonegoro.

Berita bencana banjir dan tanah longsor menjadi headline Harian Umum Solopos edisi Sabtu (9/3/2019). Selain berita tersebut, simak beberapa kabar lainnya yang menjadi fokus utama di koran Solopos edisi hari ini:

DAMPAK BANJIR: Bersih-Bersih hingga Tutup Tanggul Jebol

Banjir yang menggenangi permukiman di belasan desa di Klaten, Rabu-Kamis (6-7/3) surut. Sejumlah tanggul sungai yang jebol lantaran tak kuat menahan derasnya arus air mulai diperbaiki.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Klaten, Sri Yuwana Haris Yulianta, mengatakan luapan air sungai sempat menggenangi permukiman di 15 desa yang tersebar di empat kecamatan yakni Kecamatan Bayat, Cawas, Wedi, dan Trucuk. Warga yang sempat mengungsi ke tetangga mereka sudah kembali ke rumah masing-masing.

PEMILU 2019: Aduan Netralitas ASN di Jateng Tertinggi

Jawa Tengah (Jateng) menjadi provinsi dengan laporan pelanggaran netralitas aparatur sipil negara (ASN) tertinggi selama masa kampanye Pemilu 2019. Dari 165 laporan pelanggaran netralitas ASN, 26,06%-nya terjadi di Jateng.

Baca selengkapnya: Epaper Solopos

Kirab menjadi penyemarak rangkaian peringatan Dies Natalis ke-43 Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Jumat (8/3). Cinta Tanah Air menjadi tema sentral kirab ini. Untuk mewujudkannya, ikon Garuda menjadi simbol yang ditampilkan dalam kirab.

Sekitar 50 pemain marching band berjalan di barisan terdepan rombongan kirab Universitas Sebelas Maret (UNS) yang berangkat dari gerbang utama UNS di Jl. Ir. Sutami. Pemberangkatan para peserta kirab diiringi tembang macapat Dhandhanggula.

Acara Dies Natalis UNS menjadi berita utama di halaman Soloraya Harian Umum Solopos edisi Sabtu (9/3/2019). Selain kabar tersebut, simak beberapa berita lainnya sebagai berikut:

PEMBUNUHAN DI WATUKELIR: Suyanti Jadi Tersangka

Warga Pungsari, Desa Jatingarang, Kecamatan Weru, Kabupaten Sukoharjo, tersebut ditemukan tak bernyawa di dalam mobil Toyota Kijang di jalan raya Watukelir-Cawas Rabu 2 Januari lalu.

Kapolres Sukoharjo AKBP Iwan Saktiadi mengatakan penetapan tersangka dilakukan setelah tim penyidik polres merampungkan penyidikan atas tewasnya terhadap Mujiman.

BENCANA ALAM: Tanah Longsor Terjadi di 43 Lokasi

Bencana alam tanah longsor pada Rabu (6/3) terjadi di 43 lokasi dan tersebar di tujuh kecamatan di Kabupaten Karanganyar. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar merilis data yang dihimpun hingga Kamis (7/3).

Baca selengkapnya: Epaper Solopos