Pengadaan Lift Eco-JPO Solo Dilelang Ulang

Desain jembatan penyeberangan orang di depan RSUD dr. Moewardi Solo. - Pusjatan Kemen PUPR
10 Maret 2019 17:20 WIB Candra Mantovani Solo Share :

Solopos.com, SOLO - Balai Pusat Jalan dan Jembatan Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Bandung mulai melakukan pelelangan lift proyek Eco-JPO Solo yang berada di depan RSUD dr Moewardi. Proses pelelangan dilakukan setelah sebelumya dilakukan revisi anggaran setelah tidak adanya penawaran di lelang pertama.

Kabid Program dan Evaluasi Pusat Penelitian dan Pengembangan Jalan dan Jembatan (Pusjatan) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Joko Purnomo, mengatakan bahwa proses pengumuman lelang sudah dilakukan oleh pihaknya sejak empat hari yang lalu. Proses lelang kembali dilakukan setelah adanya revisi anggaran yang lebih diturunkan dibandingkan anggaran lelang yang dilakukan sebelumnya. Hal ini lantaran lelang yang dilakukan pertama tidak ada pihak yang melakukan penawaran.

“Untuk perkembangan terbaru, saat ini sudah diumumkan untuk lelang lift Eco-JPO Solo. Lelang sudah kami lakukan sejak empat hari yang lalu [Selasa, 5/3]. Dilakukan setelah sebelumnya melakukan revisi anggaran,” ujar Joko saat dihubungi solopos.com, akhir pekan lalu. Sabtu (9/3/2019). Menurut Joko, lelang lift yang akan di pasang di Eco-JPO Solo akan dilakukan lebih cepat dibandingkan sebelumnya. Menurutnya, proses lelang hingga mendapatkan pemenang lelang ditargetkan dapat selesai dalam waktu satu bulan kedepan. Sehingga, nantinya lift dapat segera dipasang di Eco-JPO Solo setelah rumah lift selesai dibangun.

“Nanti ada deadline. Akan dilakukan lelang cepat. Persisnya saya tidak ingat, tapi seharusnya sebulan. Karena seharusnya tidak melebihi satu bulan prosesnya sudah muncul siapa pemenang lelangnya. Untuk yang sudah mendaftar menawar lelang, saya belum mengetahui datanya, siapa saja yang ikut,” ungkapnya.

Sebelumnya, pekerja konstruksi Eco-JPO Solo sudah mulai mempersiapkan rangka besi yang digunakan sebagai rangka rumah lift. Direncanakan rangka tersebut ditegakkan pada Senin (11/3/2019) dan memakan waktu tiga hari dalam prosesnya. Pembangunan rumah lift dilakukan setelah adanya perintah dari Pusjatan untuk melanjutkan proses pembangunan.

“Untuk rumah lift memang sudah ada perintah dari pusat untuk melanjutkan proses pembangunan dengan membangun rumah lift. Nanti lift ukurannya menyesuaikan rumah lift. Jadi dibangun terlebih dahulu rumah liftnya,” ujar Koordinator lapangan proyek Eco-JPO Solo Rayon Sasongko belum lama ini.