Pasar Tawangmangu Ikut Pasar Award 2019, Inilah Keistimewaannya?

Pembeli menawar buah alpukat di Pasar Tawangmangu, baru-baru ini. Harga beberapa jenis buah di Pasar Tawangmangu naik karena cuaca mempengaruhi persediaan buah. - Sri Sumi Handayani
10 Maret 2019 21:50 WIB Sri Sumi Handayani Karanganyar Share :

Solopos.com, KARANGANYAR -- Pasar Tawangmangu diikutsertakan dalam ajang Pasar Award 2019. Ajang Pasar Award diselenggarakan Kementerian Perdagangan (Kemendag) bersama Asosiasi Pengelola Pasar Indonesia (Asparindo).

Kepala Dinas Perdagangan Tenaga Kerja Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagnakerkop dan UKM) Karanganyar, Waluyo Dwi Basuki, menyampaikan Pasar Tawangmangu diusulkan sebagai peserta Pasar Award karena memenuhi sejumlah kriteria peserta lomba.

Waluyo menceritakan penilaian lomba meliputi kelengkapan infrastruktur pasar, pengelolaan sampah, akses untuk penyandang disabilitas, ruang menyusui, dan lain-lain. Tim penilai akan ke pasar mengecek dan menilai. "Ada beberapa kabupaten/kota yang ikut lomba. Karanganyar salah satunya. Kami usulkan Pasar Tawangmangu sebagai peserta Pasar Award karena secara infrastruktur dan pelayanan dipandang lebih baik dibandingkan pasar lain," kata Waluyo saat berbincang dengan wartawan, Rabu (6/3/2019).

Alasan lain adalah citra yang dibangun Pasar Tawangmangu sebagai pasar wisata. Dia optimistis Pasar Tawangmangu mampu meraih penghargaan maksimal pada ajang tersebut. "Pasar Tawangmangu bukan hanya pasar rakyat tetapi juga pasar wisata. Kami optimistis ini memotivasi kami agar lebih baik mengelola pasar. Pedagang dan stakeholder pasar juga termotivasi," ujar dia.

Sementara itu, Camat Tawangmangu, Rusdiyanto, membenarkan bahwa Pasar Tawangmangu menjadi salah satu peserta Pasar Award 2019. Rusdiyanto menyampaikan seluruh warga mendukung hal itu. "Bentuk dukungan diberikan dengan lebih semangat bekerja bakti membersihkan lingkungan. Kami ini kan bersama warga dan stakeholder di Tawangmangu rutin bersih-bersih dari Balekambang ke bawah [arah Pasar Tawangmangu]. Rutin setiap periode tertentu. Demi lingkungan bersih. Ke depan kami akan mengelola sampah di Tawangmangu. Sedang kami upayakan," tutur dia saat dihubungi Solopos.com, Rabu.