Solo Best Brand 2019 Hadirkan Survei SD, SMP, dan SMA Swasta Terbaik

Para pemenang penghargaan merek terbaik SBBI-JBBI 2018 - (Solopos/Tika Sekar Arum)
11 Maret 2019 07:40 WIB Bayu Jatmiko Adi Solo Share :

Solopos.com, SOLO - Ajang penghargaan merek terbaik Solo Best Brand Index-Jogja Best Brand Index (SBBI-JBBI) 2019 makin lengkap dengan tambahan kategori baru. Ada 17 kategori baru di antaranya SD swasta, SMP swasta, dan SMA swasra terbaik di Solo. Pengumuman bakal disampaikan kepada publik pada 3 Mei 2019 bersamaan konser Padi Reborn.

Sebanyak 17 kategori baru tersebut sebelumnya belum muncul di SBBI-JBBI 2018. Penghargaan baru itu terdiri atas delapan kategori Merek Terbaik (Best Brand), empat kategori Prestigious Brand atau Merek Paling Bergengsi, dan lima kategori Best Online Review. Semua penghargaan baru tersebut untuk area Solo, sedangkan area Jogja tidak ada perubahan kategori.

Ketua Divisi Survei SBBI-JBBI 2019, Sholahuddin, mengatakan kategori baru di penghargaan Best Brand adalah mobil SUV, toko furnitur modern, toko aksesori handphone, kartu prabayar digital, transportasi online, biro umrah dan wisata, restoran, dan es krim. Di penghargaan Prestigious Brand kategori baru meliputi hotel berbintang, SD swasta, SMP swasta, dan SMA swasta (detail lihat grafis).

Sedangkan Best Online Review merupakan penghargaan baru yang sengaja dihadirkan panitia SBBI-JBBI 2019 lantaran melihat tren konsumen memerhatikan review online sebelum berbelanja sebuah produk. Penghargaan Best Online Review meliputi mobil MPV, skin care, laboratorium diagnostik, hotel berbintang, dan motor matik.

“Pada riset SBBI-JBBI 2019 kami melengkapi dengan riset lain guna memberi nilai tambah pada riset yang kami lakukan. Pertama, kami juga menggelar riset untuk mencari Merek Paling Bergengsi. Kedua, kami juga menggelar riset The Best Online Review untuk mencari merek yang paling banyak dicari informasinya di Internet oleh netizen,” jelas Udi, sapaan akrab Sholahuddin saat ditemui Solopos.com di kantornya, Jumat (8/3/2019).

Panitia berharap dengan adanya tambahan kategori serta tambahan jenis penghargaan membuat SBBI-JBBI 2019 makin menjadi referensi pelaku usaha dalam menentukan strategi pasar dan bagi konsumen untuk melihat merek-merek apa yang dipercaya menjadi yang terbaik oleh responden. Survei SBBI-JBBI 2019 melibatkan 19.087  sampel, yang terdiri atas 15.516 sampel di Solo dan 3.571 sampel di Jogja. Sampel diambil dengan menggabungkan pendekatan multistage sampling dan purposive sampling.

Penganugerahan SBBI-JBBI 2019 akan dikemas berbeda dengan mengundang grup band Padi Reborn. Dengan demikian penonton konser tidak hanya melihat band idola mereka, namun bisa menyimak merek apa saja yang didapuk menjadi merek terbaik dan sebagainya sesuai hasil riset. “Pendekatan ke hiburan ini kami harapkan menjadi nilai lebih dari anugerah SBBI-JBBI tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini kami kemas secara lebih meriah,” imbuh Udi.