DPRD Karanganyar Gelar Ketoprak Damarwulan Winisuda

Ketua DPRD Karanganyar, Sumanto (keempat dari kanan), berperan sebagai Damarwulan dalam pertunjukan ketoprak HUT ke-68 DPRD Karanganyar, Sabtu (9/3 - 2019).Wahyu Prakoso
14 Maret 2019 14:40 WIB Wahyu Prakoso Karanganyar Share :

Solopos.com, KARANGANYAR -- Acara puncak hari jadi ke-68 DPRD Kabupaten Karanganyar dimeriahkan oleh penampilan ketoprak bersama Kirun dan kawan-kawan, Sabtu (9/3/2019). Ketua DPRD Kabupaten Karanganyar, Sumanto, ikut menjadi pemain pada pergelaran tersebut.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, Sumanto memasuki tempat acara dengan berbusana teni warna hitam, kuluk, dengan wajah dirias tebal. Malam kemarin ia berperan sebagai Damarwulan. Sedangkan lakon yang dimainkan dalam ketoprak itu Damarwulan Winisuda.

Sumanto menjelaskan, perayaan hari ulang tahun DPRD Karanganyar ke depan harus lebih kreatif, harus memasyarakatkan nilai-nilai Pancasila. DPRD akan bekerja lebih keras supaya meraih kesuksesan. Dia mengatakan, semua tidak bisa diraih dengan gampang, harus ada perjuangan.

“Damarwulan kan meraih takhta harus bekerja keras, mempertaruhkan jiwa raga, dan berjuang melepaskan rintangan untuk meraih takhta di Majapahit. Tentunya banyak filosopi yang bisa diambil dari cerita tersebut. Mari kita sukseskan dan perjuangkan aspirasi masyarakat, kita tidak bisa bekerja sendirian, seluruh elemen masyarakat harus ikut serta.”katanya kepada Solopos.com sebelum acara dimulai.

Sekretaris Dewan DPRD Karanganyar, Sujarno, menjelaskan tema rangkaian acara hari jadi ke-68 DPRD Karanganyar adalah Holopis Kuntul Baris Karanganyar Maju. Dia mengatakan, Seluruh rangkaian acara berlangsung dengan sukses. Pelaksanaan rangkaian acara peringatan dimulai sejak awal Januari hingga 9 Maret 2019. Sebanyak 14 kegiatan untuk memeriahkan hari jadi DPRD, antara lain, penanaman bibit pohon, parade seni, lomba renang, festival keroncong, lomba burung berkicau, dan lain-lain.  

“Tahun 2019 ada tambahan lomba dari tahun sebelumnya. Kejuaraannya seperti, panahan junior, catur cepat, tenis meja, dan kontes sepeda motor modifikasi. Para pemenang lomba mendapatkan piagam, trofi, dan uang pembinaan,” kata dia saat memberikan sambutan.