Surat Suara Pemilu Ulang Terselip di Surat Suara Pemilu DPR di Boyolali

Ketua KPU Boyolali Ali Fahrudin menunjukkan surat suara pemilu ulang DPR yang terselip di surat suara Pemilu DPR. Foto diambil Rabu (13/3/2019). (Solopos - Akhmad Ludiyanto)
15 Maret 2019 07:00 WIB Akhmad Ludiyanto Boyolali Share :

Solopos.com, BOYOLALI—Sekitar 50 lembar surat suara pemilu ulang anggota legislatif (pileg) DPR terselip dalam surat suara pemilihan anggota DPR yang diterima KPU Boyolali.

Surat suara pemilu ulang ini ditemukan saat sortir dan pelipatan suara suara pemilihan anggota DPR di Gudang KPU Boyolali, Rabu (13/3).

Ketua KPU Boyolali Ali Fahrudin mengatakan surat suara pemilu ulang DPR ini semestinya berada dalam kotak surat suara tersendiri, tidak bersama kotak surat suara pemilu lainnya.

“Saat petugas melakukan sortir dan pelipatan surat suara pemilu DPR untuk daerah pemilihan [dapil] Jawa Tengah V di Boyolali, terselip surat suara pemilu ulangnya. Seharusnya surat suara ulang ini terkemas dalam kotak tersendiri khusus untuk surat suara pemilu ulang,” ujar Ali, saat ditemui Solopos.com, di kantornya, kemarin.

Surat suara pemilu ulang ini selanjutnya dipisahkan agar tidak bercampur dengan surat suara lainnya.

Dia menjelaskan, surat suara pemilu ulang ini diberikan KPU pusat kepada KPU kabupaten/kota sebanyak 1.000 lembar untuk masing-masing pemilu, mulai pemilu presiden, pemilu DPR, pemilu Dewan Perwakilan Daerah (DPD), pemilu DPRD provinsi, dan pemilu DPRD kabupaten/kota.

Di sisi lain, proses pengiriman surat suara pemilu untuk Boyolali masih berlangsung. Setelah surat suara pemilu presiden untuk Boyolali selesai penyortiran dan pelipatannya pekan lalu, pekan ini KPU Boyolali kembali mendapat kiriman surat suara pemilu DPR yang dimulai Minggu (10/3), secara bertahap.

Sortir dan pelipatan surat suara pemilu DPR ini dimulai Selasa (12/3). “Surat suara pemilu DPR ini datang mulai Minggu. Selasa mulai pelipatan dan hari ini [Rabu] masih berlangsung. Hari ini [kemarin] juga akan datang lagi surat suara pemilu DPR, karena kemarin belum datang semua,” imbuhnya.